6 Tips Penting Bagi Kamu yang Ingin Pergi Ke Suku Baduy, Simaklah Penjelasannya

6 Tips Penting Bagi Kamu yang Ingin Pergi Ke Suku Baduy, Simaklah Penjelasannya

Mahasiswa KKN 66 UIN Banten Berhasil Trip Ke Baduy Luar--

INFORADAR.ID - Suku Baduy adalah salah satu suku yang berasal dari Provinsi Banten, suku Baduy dikenal sebagai suku yang sangat menjaga warisan adat serta tanah nenek moyang mereka.

Baduy berlokasi di Desa Kanekes, Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten.

Dari suku Baduy kamu dapat belajar tentang budaya baduy, mereka bertahun-tahun selalu menjaga budaya, adat istiadat dan kearifan lokal.

BACA JUGA:Kedekatan Vilmei dan Sarti, Gadis Baduy yang Curi Perhatian Netizen

Suku Baduy hidup dengan cara yang sangat sederhana, hampir tidak ada perubahan dari ratusan tahun yang lalu, sehingga jauh dari hidup modern. 

Suku Baduy Dalam tinggal di perbukitan tengah hutan, sehingga kamu harus trekking perjalanan jauh untuk sampai ke kampung Baduy Dalam tersebut.

BACA JUGA:Ramai Video Vilmei Dengan Rumsyah Baduy, Apa Bedanya Orang Baduy Luar dan Baduy Dalam

Bagi kamu yang tertarik berlibur dan ingin berencana untuk liburan ke kampung Baduy, berikut tips pentingnya ;

1. Wajib mematuhi aturan 

Masyarakat Baduy selalu taat aturan, kita wajib menghargai dan mengikuti aturan yang berlaku. contohnya dilarang menggunakan sabun atau pasta gigi yang bisa mencemari lingkungan sungai.

2. Siapin fisik dan stamina

Siapin fisik kamu untuk menuju ke Kampung Baduy, karena kita harus tracking dan menempuh perjalanan yang lumayan panjang ke Kampung Baduy.

BACA JUGA:Cara Bepuasa Masyarakat Baduy Dalam Selama 3 Bulan Saat Tradisi Kawalu, Ternyata Begini

3. Siapin barang outdoor 

Jangan lupa Siapin barang outdoor seperti sleeping bag, jas hujan, senter, sepatu tracking, jaket dan barang-barang yang pasti bakal di butuhin, kamu juga bisa bawa perbekalan makanan lauk pauk dari rumah. 

4. Membawa bahan logistik

Ini penting banget buat kamu yang ada rencana untuk tinggal di rumah penduduk, jadi nanti kamu bisa minta tolong untuk dimasakin ke tuan rumah dengan bahan yang kamu bawa.

5. Jaga kebersihan

Dilarang untuk mencemari lingkungan karena masyarakat Baduy terkenal menjaga lingkungan alam dengan baik, kamu bisa ikut menjaganya dengan tidak membuang sampah sembarangan.

BACA JUGA:Kamu Punya Baju Tenun Baduy? Harus Tahu, Ini 5 Kesalahan yang Harus Dihindari Dalam Merawatnya

6. Membeli dagangan mereka

Kamu juga dapat membantu perekonomian mereka dengan membeli dagangan mereka, seperti madu asli khas Baduy, gantungan kunci, baju khas Baduy, dan masih banyak lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: