Sejarah Singkat Hari Pramuka Pada Tanggal 14 Agustus

Sejarah Singkat Hari Pramuka Pada Tanggal 14 Agustus

Ilustrasi: Sejarah singkat Hari Pramuka.-dewanpenggalang_elmodel-instagram.com

INFORADAR.ID - Pada tanggal 14 Agustus 2024 nanti adalah hari Pramuka. Hari yang luar biasa ini jatuh pada hari Rabu, tetapi tidak seperti Rabu lainnya.

Tanggal ini membawa kemeriahan dan gegap gempita peringatan Hari Pramuka! Bukan hanya sekedar hari biasa, namun hari ini adalah hari istimewa di mana Pramuka di seluruh negeri merayakan ulang tahun ke-63 mereka dengan penuh semangat dan jiwa yang menyala-nyala.

Setiap tahun, Hari Pramuka hadir dengan tema yang berbeda, yang tak hanya menggugah semangat, tapi juga mengguncang jiwa kebangsaan.

Dan tahun ini, tema Hari Pramuka yang diusung sungguh menggugah: “Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI”.

Tema Hari Pramuka ini bukan hanya slogan, tapi sebuah seruan untuk menjaga bangsa dan negara dengan seluruh jiwa dan raga.

BACA JUGA:Sejarah dan Makna Lomba 17 Agustus: Masyarakat Indonesia Harus Tahu, Ternyata Ini

Sejarah Singkat Hari Pramuka

Pramuka, organisasi pendidikan nonformal yang sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari sejarah Indonesia, membawa semangat kepanduan yang telah mengakar sejak tahun 1923, ketika tanah air masih berada dalam genggaman kolonial Belanda.

Sejarah mencatat, dengan penuh semangat, generasi muda Indonesia memulai perjalanan panjang mereka dalam organisasi kepanduan yang kala itu disebut Nationale Padvinderij Organisatie (NPO) di Bandung, dan Jong Indonesische Padvinderij Organisatie (JIPO) di Jakarta.

Namun, perjalanan panjang dan berliku ini mencapai puncaknya saat Sang Proklamator, Presiden Soekarno, dengan tegas dan penuh keberanian menyatukan seluruh organisasi kepanduan di Indonesia menjadi satu kekuatan besar bernama Gerakan Pramuka.

BACA JUGA:8 Film Biografi Tokoh Terkenal dalam Sejarah yang Harus Kamu Tonton untuk Mendapatkan Inspirasi

Dengan lambang tunas kelapa yang kokoh, Pramuka resmi diperkenalkan kepada masyarakat pada 14 Agustus 1961 dalam sebuah upacara megah di halaman Istana Negara, disaksikan oleh seluruh bangsa.

Pada hari itulah, Panji Gerakan Pramuka diserahkan dari tangan Presiden Soekarno ke Sri Sultan Hamengku Buwono IX, yang dengan bangga menjadi Ketua pertama Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Sejak saat itu, tanggal 14 Agustus menjadi hari sakral yang setiap tahunnya dirayakan dengan penuh gegap gempita oleh seluruh Pramuka di Indonesia. Selamat Hari Pramuka! Hiduplah Pramuka, hiduplah Indonesia! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: