Mahasiswa Untirta Tanam 150 Terumbu Karang di Perairan Pulau Bandul

Mahasiswa Untirta Tanam 150 Terumbu Karang di Perairan Pulau Bandul

Penanaman terumbu karang di Pulau Bandul, Desa Tamanjaya, Kecamatan Sumur, Pandeglang, Banten.-KKM 36 Untirta-

INFORADAR.ID - Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa melakukan penanaman terumbu karang di Pulau Bandul, Desa Tamanjaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Mengusung tema hidupkan kembali laut kita, penanaman terumbu karang untuk menjaga ekosistem laut, kegiatan tersebut dilaksanakan pada 6 Agustus 2024.

Dalam kegiatan penanaman terumbu karang ini, mahasiswa yang tergabung dalam Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Tematik Untirta kelompok 36 mengajak masyarakat untuk meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya menjaga keberlangsungan terumbu karang.

Memiliki tujuan untuk melestarikan ekosistem laut, kegiatan tersebut turut dihadiri oleh berbagai instansi dan organisasi seperti Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI Angkatan Laut (AL), Polri, Dinas Pariwisata hingga Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Paniis Lestari. Kehadiran para pemangku kepentingan ini menunjukkan komitmen yang kuat dari berbagai pihak dalam upaya konservasi lingkungan.

BACA JUGA:KKM Untirta 02 Kedungsuka Gelar Seminar Tentang Kelistrikan, Disambut Hangat Oleh Masyarakat

Kegiatan dimulai dengan simbolis penyerahan terumbu karang dari mahasiswa KKM 36 Desa Tamanjaya kepada instansi setempat yakni Dinas Pariwisata Kabupaten Pandeglang, Basarnas Kabupaten Pandeglang, TNI AL Sumur, Polsek Sumur dan Pokdarwis Paniis Lestari.

Kepedulian mahasiswa Untirta terhadap kelestarian ekosistem laut mendapatkan apresiasi dari Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pandeglang Rosy Sukmawaty. 

Rosy Sukmawaty juga mengungkapkan harapannya, agar masyarakat lebih sadar terhadap ekosistem laut setelah dilakukan penanaman terumbu karang.

“Saya juga berharap kegiatan ini dapat berkelanjutan sehingga lingkungan sekitar dapat menjadi lebih baik kedepannya,” ucap Rosy Sukmawaty dalam sambutannya.

Ketua Pokdarwis Paniis Lestari, Mulyadi, menyampaikan bahwa kegiatan ini tidak hanya sebagai acara simbolis, tetapi juga sebagai langkah nyata dalam menjaga kelestarian lingkungan. 

"Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat luas untuk lebih peduli dan aktif dalam upaya konservasi lingkungan, khususnya ekosistem laut," ujarnya.

BACA JUGA:Ratusan Masyarakat Antusias Ikuti Pemeriksaan Kesehatan Gratis KKM Untirta 38 & Puskesmas Sumur

Setelah melakukan simbolisasi, sebanyak 38 orang yang mahasiswa KKM 36 Desa Tamanjaya beserta pihak pemerintah menuju ke Pulau Bandul untuk menanam  terumbu karang menggunakan 2 perahu menuju Pulau Bandul.

Dipandu oleh tim ahli dengan menggunakan peralatan selam, sebanyak 10 rak jaring laba-laba atau sekitar 150 fragmen terumbu karang ditanam di perairan Pulau Badul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: