Keren, Serang Punya Pengrajin Batik Kaserangan yang Mendunia Hingga Eropa

Keren, Serang Punya Pengrajin Batik Kaserangan yang Mendunia Hingga Eropa

Motif batik Kaserangan--g.maps/ Batik Kaserangan Banten

BACA JUGA:Promo Merdeka Serba Rp 7,900 Lapakgaming x GoPay untuk Top Up HOK, ML, dan FF

Makna motif batik Gandaria adalah melambangkan persatuan orang-orang yang bekerja sama dan menjadikan Kota Serang yang lebih baik.

3. Motif Gerabah Bumi Jaya

Gerabah adalah kerajinan yang terbuat dari tanah liat yang berhubungan dengan fungsi pakai. Biasanya digunakan sebagai wadah untuk meletakkan berbagai barang. 

Selain itu, gerabah sudah dikenal sejak era Kesultanan Banten. Dengan demikian, gerabah juga menjadi salah satu ikon Kota Serang  yang melambangkan semangat cinta tanah air dan keabadian.

4. Motif Karang Bolong

Motif karang bolong merupakan motif yang melambangkan keindahan dan keunikan wisata pantai di kawasan Anyer. Destinasi wisata pantai ini sangat terkenal di kota Serang, karena merepresentasikan keindahan pesisir utara Pulau Jawa.

BACA JUGA:11 Ide Lomba Maulid Nabi 2024 di Sekolah, Islami dan Edukatif

BACA JUGA:Ditunjuk Jadi MC Acara Maulid Nabi? Ini Contoh Teksnya

5. Motif Mercusuar Cikoneng

Mercusuar Cikoneng merupakan salah satu bangunan bersejarah Kota Serang yang terletak di Kampung Bojong, Desa Cikoneng, Kecamatan Anyer. Mercusuar berfungsi sebagai navigasi kapal layar yang melambangkan kekokohan dan keselamatan.

6. Motif Jamblang

Jamblang adalah nama tanaman dengan buah-buahan yang mirip dengan buah anggur, yang jumlahnya cukup banyak di wilayah Serang. Melambangkan keindahan masyarakat Serang.

7. Motif Pencak Silat dan Parang

Pencak silat telah menjadi salah satu cabang olahraga paling terkenal di kota Serang, yaitu pencak silat dan parang menjadi sumber inspirasi untuk menciptakan motif batik Serang yang kaya akan nilai budaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: