7 Ikan yang Mengandung Omega 3, Selain Salmon Kamu Bisa Konsumsi Ikan Ini

7 Ikan yang Mengandung Omega 3, Selain Salmon Kamu Bisa Konsumsi Ikan Ini

Cara menghilangkan bau amis ikan-Freepik.com-chandlervid85

BACA JUGA:7 Kebiasaan yang Akan Membuat Kamu Menghargai Diri Sendiri

Ikan ini merupakan salah satu ikan terpopuler dan konon kaya akan asam lemak omega 3. Salmon mengandung protein berkualitas tinggi dan beragam nutrisi, termasuk vitamin D, selenium, dan vitamin B dalam jumlah tinggi.

Sebuah studi tahun 2020 yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition menunjukkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi ikan berlemak seperti salmon memiliki risiko penyakit yang lebih rendah.

penyakit jantung, demensia, depresi, dan lain-lain. Kandungan Omega-3 dalam 100 gram ikan salmon meliputi 2.150 mg EPA dan DHA.

2. Ikan Kod

Ikan ini bergizi tinggi dan merupakan sumber vitamin B12 dan omega 3, menjadikannya ikan yang sempurna untuk para pelaku diet. Ikan kod dipilih sebagai alternatif terbaik pengganti daging merah sebagai protein dan mampu melawan berbagai penyakit.

Daging ini sangat bermanfaat tidak hanya bagi penderita arteriosklerosis, tetapi juga bagi penderita penyakit jantung dan diabetes. Ikan cod juga tinggi protein, namun tidak mengandung lemak serta rendah kalori dan karbohidrat.

Menurut Healthline, 85 gram ikan cod yang dimasak mengandung 19 gram protein, namun hanya 90 kalori dan 1 gram lemak, menjadikannya makanan yang baik untuk menjaga berat badan ideal kamu.

3. Makarel

Ikan ini adalah ikan kecil yang berlemak. Di banyak negara, seluruh fillet biasanya diasapi dan dimakan.

Menurut Healthline, makarel sangat kaya nutrisi. 100 gram makarel mengandung 500% asupan vitamin B12 harian yang direkomendasikan dan 130% selenium.

Selain itu, ikan ini enak dan mudah disiapkan. Kandungan omega 3 dalam 100 gram ikan ini adalah 4.580 mg EPA dan DHA.

4. Ikan Haring

Meskipun ikan haring sering diasamkan dan disajikan sebagai hidangan pembuka sebelum makan, ikan kecil ini juga bisa dimasak di atas panggangan, di dalam oven, atau di atas kompor.

Menurut Very Well Fit, ikan haring merupakan sumber protein, kalsium, magnesium, potasium, niasin, vitamin B-12, dan selenium.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: