Waspada, 7 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Kamu Kena GERD

Waspada, 7 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Kamu Kena GERD

Hindari GERD segera dengan tidak melakan kebiasaan ini-pinterest/Jill Carnahan MD-

INFORADAR.ID - Semakin kesini tak sedikit orang terkena penyakit GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) yang terjadi akibat asam lambung yang naik.

Banyak kebiasaan yang mudah sekali membuat orang terkena penyakit GERD yang terkadang seringkali diabaikan, mungkin kamu adalah salah satu dari kebanyakan orang itu. 

Dr. Clarin Hayes yang aktif mengedukasi tentang kesehatan pada platform Youtube dan sosial medianya memberi tahu 7 kebiasaan yang dapat menyebabkan kamu terkena penyakit GERD.

Simak penjelasan berikut ini biar kamu lebih waspada dan menjaga tubuhmu dari serangan penyakit GERD.

1. Makan Cepat dengan Jumlah besar dan Jarang

Dengan mengonsumsi makanan terlalu cepat akan menyulitkan proses pencernaan untuk mencerna dengan baik. Karena hal tersebut, timbul pencernaan yang buruk dan resiko terjadinya GERD. Ushakan mengunyah makanan secara perlahan dnegan 20-30 kunyahan sebelum ditelan.

Makan terlalu banyak apalagi dnegan makan yang jarang akan meningkatkan tekanan keatas terhadap LES yaitu katup antara kerongkongan dan perut lambung yang beresiko naiknya isi lambung ke kerongkongan menjadi lebih tinggi. Lebih baik porsi sedikit tapi dengan waktu yang sesuai jam makan.

2. Makan Sembarangan

Makan sembarangan yaitu makanan yang dapat meningkatkan produksi asam lambung dan bikin GERD seperti minuman kafein, makanan tinggi lemak, makanan asam, minuman karbonasi, makanan pedas dan alkohol.

BACA JUGA:Mengatasi GERD Tanpa Obat, Metode Ajaib untuk Terbebas dari Asam Lambung

3. Langsung Tidur setelah Makan

Beri jeda 2-3 jam setelah makan jika ingin tidur, karena bahaya sekali ketika makan setelahnya langsung tidur. Hal ini agar memberi waktu makanan untuk dicerna dan masuk usus besar terlebih dahulu  agar tidaj besar kemungkinannya untuk naik keatas. 

Saat kamu tidur otot tubuh akan relaksasi semua termasuk otot sfingter esofagus, maka saat katupnya terbuka karena relaksasi otomatis jika ada makanan disana akan naik ke atas. 

4. Tidur Terlalu Datar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: