Wisata Pandeglang Gunung Pulosari, Destinasi Mendaki yang Sarat Nilai Sejarah

Wisata Pandeglang Gunung Pulosari, Destinasi Mendaki yang Sarat Nilai Sejarah

Keindahan Puncak Gunung Pulosari di Wisata Pandeglang-https://www.instagram.com/robierlangga93-

INFORADAR.ID - Wisata Pandeglang Gunung Pulosari, sebuah gunung berapi di Kabupaten Pandeglang, Banten, Indonesia, kini menjadi destinasi favorit bagi para pendaki.

Meski tidak ada data letusan yang pernah terjadi, tetapi di destinasi Wisata Pandeglang ini terdapat aktivitas vulkanis yang terjadi di dinding kaldera dengan kedalaman 300 meter.

Dikutip dari  Akun Instagram @gunungpulosariofficial, Gunung Pulosari juga memiliki nilai sejarah yang tinggi, karena di sana terdapat situs-situs kuno dalam bentuk batuan yang berasal dari Kerajaan Sunda yang pernah ada antara 932 sampai 1579. 

Bahkan, Museum Nasional Indonesia di Jakarta terdapat sejumlah arca yang disebut "arca Caringin" sebab zaman dahulu sempat menjadi hiasan kebun asisten-resisten Belanda di tempat itu.

Bagi para pendaki, Gunung Pulosari menyuguhkan pemandangan yang indah dan menjadi salah satu pendakian paling populer di Banten. Pendakian ke Gunung Pulosari juga cukup mudah, jika sudah mulai sejak pagi hari agar bisa kembali tepat waktu. 

BACA JUGA:Gunung Pulosari, Destinasi Mendaki yang Cocok untuk Liburan Singkat

Dalam beberapa bulan terakhir, Gunung Pulosari juga menjadi tempat keramat bagi kerajaan Sunda.

Menurut Sajarah Banten, sekumpulan karya sastra sejarah tradisional berbentuk babad yang menceritakan sejarah Kesultanan Banten, yaitu sejak kedatangan Syarif Hidayatullah dan Maulana Hasanuddin ke Banten.

Diceritakan sampainya ia di Banten Girang, Sunan Gunung Jati dan putranya, Hasanuddin, pergi ke Gunung Pulosari yang saat itu merupakan tempat keramat bagi kerajaan.

Dengan demikian, Gunung Pulosari tidak hanya menjadi destinasi favorit bagi para pendaki, tapi juga menjadi tempat yang memiliki nilai sejarah dan budaya yang tinggi.

Berikut informasi lengkap seputar pendakian di Gunung Pulosari yang bermanfaat bagi kamu yang ingin mengunjunginya.

BACA JUGA:Di Balik Keindahan Gunung Pulosari, Ini Kisah Mistis yang Jarang Orang Tahu

Biaya Masuk

Biaya masuk ke Gunung Pulosari adalah Rp 10.000 per orang untuk wisatawan domestik dan Rp 20.000 per orang untuk wisatawan asing. Biaya ini sudah termasuk biaya parkir dan biaya jasa pemandu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: