Program Edukasi Mahasiswa PNF Untirta Ajak Peserta Hasilkan Makanan Bergizi

Program Edukasi Mahasiswa PNF Untirta Ajak Peserta Hasilkan Makanan Bergizi

Indra Sudrajat (kedua dari kanan) dan In'In Inawati Kesumah (tengah) berfoto bersama mahasiswa PNF Untirta setelah kegiatan.-Fitri Destriana Gumay-

INFORADAR.ID - Mahasiswa Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Mandiri Pendidikan Non Formal (PNF) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) lakukan program edukasi kepada pelajar pada Senin, 1 Juli 2024.

Menyasar kepada anak usia dini dan siswa Kesetaraan Paket C Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), mahasiswa PNF Untirta adakan dua kegiatan yaitu kelas memasak dan pelatihan pembuatan tempe.

Dilaksanakan di SKB Kabupaten Serang, kegiatan edukasi tersebut dihadiri oleh 20 peserta.

Pada kegiatan pertama yaitu kelas memasak, sebanyak 15 siswa Paud Cerdas Ceria dibimbing untuk membuat masakan sederhana yang bergizi. Tujuannya untuk mengenalkan siswa tentang pentingnya gizi seimbang dan melatih siswa untuk makan makanan sehat dengan cara yang menyenangkan.

Hidangan roti sandwich meses dipilih karena mudah dibuat dan memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi.

BACA JUGA:Mahasiswi Ilmu Komunikasi Untirta Raih Juara 1 Lomba Komik Tingkat Nasional

Peserta yang terdiri dari siswa Paud Cerdas Ceria begitu antusias membuat roti sandwich meses sebagai makanan yang memiliki kandungan gizi untuk sarapan pagi.

Saat diberikan bahan-bahan untuk membuat roti sandwich meses, peserta langsung membuat roti sandwich meses dengan kreasi mereka masing-masing yang dibimbing langsung oleh mahasiswa PNF Untirta.

Selain kelas memasak, mahasiswa PNF Untirta juga adakan pelatihan pembuatan tempe di Pendidikan Kesetaraan Setara Paket C (SKB).

Tempe merupakan salah satu makanan tradisional Indonesia yang kaya akan protein dan nutrisi. Melalui pelatihan ini, para siswa diharapkan dapat mempelajari keterampilan baru dan menghasilkan produk tempe yang berkualitas.

Selain penjelasan mengenai tempe dan cara pembuatannya, peserta juga diajak langsung untuk membuat tempe dari tahapan awal.

Dibimbing langsung oleh mahasiswa PNF Untirta, peserta diajarkan pembuatan tempe dari pemberian ragi ke kacang kedelai yang sudah direndam hingga pembungkusan tempe.

BACA JUGA:Akhiri Semester Genap, BEM FH Untirta Persembahkan Lawfest

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) MBKM PNF Mandiri Indra Sudrajat berharap, adanya pelatihan ini bisa menjadi bekal peserta dalam membuat tempe yang berkualitas.

“Melalui pelatihan ini, para siswa diharapkan dapat mempelajari keterampilan baru dan menghasilkan produk tempe yang berkualitas,” kata Indra Sudrajat.

Program pelatihan pembuatan tempe pada siswa Pendidikan Kesetaraan Paket C SKB diapresiasi dan didukung penuh oleh Kepala SKB Kabupaten Serang In'in Inawati Kesumah. Tidak hanya itu, program pembuatan tempe dari mahasiswa PNF Untirta juga disambut hangat oleh guru, tutor, Serta pamong belajar SKB Kabupaten Serang. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: