Kuliner Unik, Congcot Kebuli Menjadi Makanan Petani Huma di Cibaliung Pandeglang

Kuliner Unik, Congcot Kebuli Menjadi Makanan Petani Huma di Cibaliung Pandeglang

Congcot Kebuli, Makanan Petani Huma di Cibaliung Pandeglang-@budayaainggeh-Instagram

INFORADAR.ID – Congcot kebuli ini tidak hanya mencerminkan makanan cita rasa lokal, tetapi juga mengandung nilai-nilai budaya yang turun-temurun dari petani huma di daerah Cibaliung, Pandeglang

Melalui kuliner congcot kebuli ini, kita dapat memahami bagaimana petani huma di Cibaliung, Pandeglang, menjaga tradisi dan menghargai sumber daya alam secara berkelanjutan. 

Dengan begitu, mencicipi congcot kebuli bukan sekadar soal mencoba rasa baru, tetapi juga tentang menghormati warisan budaya kuliner dan kearifan lokal yang terus hidup dan berkembang di masyarakat Cibaliung, Pandeglang.

BACA JUGA:Bangkerok: Pizza Tradisional Sunda yang Wajib Dicoba Nih Lur, Masih Banyak Ditemukan di Cibaliung Pandeglang

BACA JUGA:Gak Cuma Tidur atau Rebahan, Istirahat Juga Ada Beberapa Jenis Loh, Kamu Harus Tahu

Dilansir dari Instagram budayaainggeh, congcot kebuli merupakan makanan khas para petani huma. Bungkus yang dipakai yaitu daun kawung/nira sehingga makanan ini bisa disebut makanan ramah lingkungan.

Jika saat musim ngaseuk (menanam padi) tiba, para petani huma di Cibaliung menyiapkan congcot kebuli untuk sarapan sebelum memulai ngaseuk.

Congcot kebuli ini biasanya diangkut ramai-ramai oleh masyarakat yang turut membantu proses ngahuma dengan memakai tanggungan dari bamboo atau kayu.

BACA JUGA:Unik, Karya Seni Hatong Desa Parigi Kecamatan Saketi Pandeglang Ini Terbuat dari Tanduk Kerbau

BACA JUGA:Cari Baju Ala Korean Sytle di Serang? 2 Toko Ini Menjadi Favorit Para Ciwi, Wajib Dikunjungi

Selain sebagai makanan, ada kepercayaan jika hendak memulai ngaseuk tidak menyiapkan congcot kebuli, hasil berladang tidak akan optimal.

Jadi, congcot kebuli ini merupakan salah satu syarat juga bagi masyarakat di Cibaliung untuk memulai proses berladang huma.

Di dalam congcot kebuli ini isinya terdapat bumbu serundeng, daging ayam, sayuran dan lalaban seperti pete, kulit melinjo dan nangka.

BACA JUGA:Tugu Cibaliung, Monumen Peringatan Pahlawan di Kabupaten Pandeglang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: