7 Penyebab Benjolan di Payudara Selain Kanker: Ternyata Ini Penyebabnya

7 Penyebab Benjolan di Payudara Selain Kanker: Ternyata Ini Penyebabnya

Ilustrasi: Penyebab benjolan di payudara selain kanker -Pixabay.com-waldryano

BACA JUGA:Dibuka! PPDB Banten 2024 Sudah Dimulai hari ini, 19 Juni 2024: Cek Syarat dan Jadwal Lengkapnya di Sini

Jaringan payudara kamu mungkin menggumpal, sama seperti kita semua memiliki ukuran payudara atau warna puting yang berbeda, kita juga memiliki jaringan unik dan hampir separuh wanita memiliki payudara yang secara alami lebih padat atau terasa menggumpal. Jaringan payudara yang padat berarti kamu memiliki lebih sedikit lemak dan lebih banyak jaringan ikat dan kelenjar.

4.Benjolan payudara bisa jadi: Cedera

Apakah dada kamu terkena pukulan softball, mengalami kecelakaan mobil, atau baru-baru ini mengalami trauma jenis lain di dada? Sama seperti jaringan lainnya, payudara dapat memar atau membengkak saat terluka dan terkadang terasa seperti benjolan atau benjolan yang keras.

“Ini bisa dilihat dan dirasakan sebagai benjolan di jaringan payudara yang biasanya sangat lembut saat disentuh,” jelas Taraneh Shirazian, MD, OB/GYN, pendiri dan Mom in Chief of Mommy Matters .

5.Benjolan payudara bisa jadi: Payudara fibrokistik

Payudara fibrokistik terdiri dari jaringan nodular atau granular yang terasa seperti tali, menggumpal, atau berserat. Ini adalah perubahan jinak pada jaringan payudara yang dapat menyebabkan rasa sakit dan terasa 'menggumpal' saat disentuh.

6.Benjolan payudara bisa jadi: Lipoma

Lipoma adalah benjolan lemak yang tumbuh lambat dan berada tepat di bawah kulit. Penyakit ini jinak tetapi tidak hilang dengan sendirinya dan mungkin memerlukan operasi pengangkatan jika terasa nyeri atau mengganggu. Penyakit ini paling umum terjadi pada usia paruh baya, dan kamu mungkin mengalami beberapa penyakit sekaligus. Seperti pertumbuhan jinak lainnya, pertumbuhan ini tidak bersifat kanker, umumnya tidak menimbulkan gejala lain, dan tidak memerlukan pengobatan.

7.Benjolan payudara bisa berupa: Papiloma intraduktal

Papiloma adalah pertumbuhan jinak yang terjadi di saluran susu dan biasanya tidak menunjukkan gejala, namun dapat muncul sebagai keluarnya cairan bening atau berdarah dari puting susu atau terlihat pada mammogram sebagai nodul kecil,Meskipun tidak bersifat kanker, memiliki banyak papiloma dapat meningkatkan risiko kanker payudara, jadi pastikan untuk memeriksakannya secara rutin ke dokter.

Naha, itulah beberapa penyebab benjolan di payudara selain kanker yang harus kamu tahu supaya kamu tidak kaget ketika mengalami gejala tersebut. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: