Membangun Entrepreneurial Mindset di Kalangan Mahasiswa, PT KSI Gelar Kuliah Umum di UIN Banten

Membangun Entrepreneurial Mindset di Kalangan Mahasiswa, PT KSI Gelar Kuliah Umum di UIN Banten

-Imay Indari-

INFORADAR.ID - PT Krakatau Sarana Infrastruktur atau biasa disingkat menjadi PT KSI merupakan anak usaha dari Krakatau Steel yang bergerak di bidang penyediaan infrastruktur pendukung industri yang kantor pusatnya bertempat di Kota Cilegon, Banten. 

Dalam rangka memperingati dirgahayu ke-42 PT KSI dan ke-3 sebagai subholding PT Krakatau Steel, Tbk, PT KSI berkolaborasi dengan kampus UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten mengadakan Kuliah Umum Entrepreneurship. 

Dengan di narasumberi Alugoro Mulyowahyudi, Ph.D, M.Sc, Ir, direktur utama PT KSI dengan keynote speech oleh Prof. Dr. Wawan Wahyuddin, M.Pd, selaku rektor UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, yang dilaksanakan di Auditorium Gedung Rektorat Lt. 3 Kampus UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten pada Kamis, 13 Juni 2024.

Auditorium Gedung Rektorat tampak penuh dan meriah dengan dihadiri sebanyak kurang lebih 400 mahasiswa/i UIN Banten yang antusias hadir mengikuti kuliah umum yang laksanakan oleh PT KSI. 

Dalam kesempatannya Alugoro menyampaikan bahwa wirausaha ialah orang yang pandai mengenali peluang, dimana orang lain menganggapnya sebagai hal yang membingungkan. 

"Menjadi seorang wirausaha, ini menjadi pahlawan masa kini, karena menciptakan peluang lapangan pekerjaan dan katalisator agresif untuk perubahan," ungkapnya. 

Alugoro juga turut memberikan tips untuk mahasiswa yang ingin menjadi entrepreneur dan membeberkan karakter apa saja yang harus dimiliki oleh seorang Wirausaha. 

"Seorang pengusaha yang sukses adalah dia yang mempunyai visi misi jauh kedepan, dan ia berani action serta berani mengambil resiko untuk mewujudkan mimpi itu, serta memandang masalah itu sebagai suatu peluang"

Dalam acara ini, tidak hanya pemaparan materi atau pengenalan dari PT KSI itu sendiri, namun diselingi dengan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dari materi itu sendiri dan mendapatkan voucher belanja di Indomaret bagi siapa saja yang menjawab. Tak hanya itu, PT KSI juga memberikan voucher belanja bagi siapa saja yang bertanya dalam sesi tanya jawab, dan mendapatkan uang tunai bagi yang mendapatkan juara kuis yang diadakan oleh PT KSI. 

"Kita belajar paling banyak tentang diri kita ketika kita gagal, Jadi jangan takut gagal. Gagal adalah proses menjadi sukses, dan kita tidak bisa sukses tanpa mengalami kegagalan, karena orang yang mengaku tidak pernah gagal adalah orang yang tidak melakukan apa-apa alias orang tidak sukses," tutup Alugoro. 

Sholihatin Nasihah, mahasiswi yang ikut hadir dalam kuliah umum ini mengungkapkan bahwa alasan ia ikut hadir karena tidak ada jam kuliah, ia juga ikut antusias dengan acara ini karena menurutnya sangat menarik dan pertama kalinya ia mengikuti perkuliahan umum. 

"Semoga lebih sering dilakukan lagi kuliah umum ini baik itu di setiap fakultas atau rektorat, karena itu sangat membuka wawasan bagi saya dan lainnya," harapnya. 

Ia juga turut memberikan ucapan selamat dan do'a kepada PT KSI, " Selamat ulang tahun, semoga tetap maju bisnisnya dan semoga membuka peluang pekerjaan lagi bagi kita sebagai mahasiswa baik itu yang sudah lulus ataupun belum," ucapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: