Hari Sejuta Kiblat Tentukan Arah Kiblat Baru? Begini Penjelasannya

Hari Sejuta Kiblat Tentukan Arah Kiblat Baru? Begini Penjelasannya

Menganl Rashdul Kiblat, Hari Sejuta Kiblat--instagram @harisejutakiblat

INFORADAR.ID- Mengenal Hari sejuta Kiblat yang akan berlangsung pada Senin 27 Mei 2024.

Peristiwa Rashdul Kiblat atau yang dikenal dengan Hari Sejuta Kiblat merupakan fenomena dimana matahari melintas tepat di atas ka'bah di Mekkah Arab Saudi, sehingga bayang-bayag benda akan lurus ke arah kiblat.

Peristiwa Hari Sejuta kiblat ini penting untuk memastikan bahwa arah kiblat rumah, masjid, atau masjid tempat umat Islam beribadah benar ke arah Ka'bah.

Menyambut peristiwa yang hanya terjadi dua kali dalam setahun, Kemenag mengajak masyarakat Indonesia untuk memanfaatkan peritiwa Rahsdul Kiblat atau Hari Sejuta Kiblat.

Kegiatan ini disebut Hari Sejuta Kiblat karena prosesnya akan melibatkan lebih dari satu juta masyarakat untuk mengukur arah kiblat secara serentak dalam satu hari di seluruh Indonesia.

BACA JUGA:Menu Spesial Idul Adha 2024: Coba Resep Semur Betawi Daging Sapi di Hari Raya

BACA JUGA:Rekomendasi Destinasi Wisata di Banten, Mulai Dari Budaya, Alam, Hingga Pantai

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Adib, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memupuk ikatan dan kebersamaan umat Islam sehingga menjadi refleksi kehidupan spiritual sehari-hari.

Selain itu Adib juga mengatakan Hari Sejuta Kiblat akan didaftarkan ke Museum Rekor Indonesia (MURI).

“Masyarakat umum dapat berpartisipasi dalam acara ini. Selain itu, kelompok masyarakat sasaran yang akan dilibatkan di antaranya Penyuluh Agama Islam, Pondok Pesantren dan Majelis Taklim, Ormas Islam, Kampus/Universitas, dan Badan Kesejahteraan Masjid (BKM)," jelas Adib yang dikutip dari kemenag.go.id.

Berikut ketentuan mengikuti Hari Sejuta Kiblat:

1. Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi menginstruksikan kepada Kepala Kementerian Agama Kabupaten/Kota untuk berpartisipasi dalam kegiatan Hari Sejuta Kiblat, kemudian mendaftarkan melalui link yang disediakan (s.id/harisejutakiblat)

BACA JUGA:Info Loker Terbaru 2024 PT Nikomas Gemilang Kibin Tambak Serang: Banyak Posisi yang Dibutuhkan, Ini Syaratnya

BACA JUGA:Mendidik Generasi Kreatif: Tips Parenting yang Ampuh untuk Mengasah Kreativitas Si Kecil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: