Untuk Menarik Minat Mahasiswa Melanjutkan Studi ke Luar Negeri, LCIO Untirta Mengadakan Webinar Roadshow Enjoy

Untuk Menarik Minat Mahasiswa Melanjutkan Studi ke Luar Negeri, LCIO Untirta Mengadakan Webinar Roadshow Enjoy

Acara Roadshow Enjoy Japan : Culture, Career, Language (JPT)-Stefhanie GenRB-

INFORADAR.ID - Language Center & International Office (LCIO) Untirta kembali mengadakan roadshow untuk menarik minat mahasiswa dalam melanjutkan studi ke luar negeri.

Setelah sebelumnya sukses dengan acara roadshow yang diadakan di Auditorium Dekanat Fakultas Teknik Untirta pada hari Rabu, 15 Mei 2024 dengan tema Unlocking Korea : Language, Culture, and Careers. Kali ini LCIO Untirta kembali menggelar roadshow serupa. 

Roadshow yang diadakan Language Center & International Office (LCIO) Untirta kali ini bertemakan Enjoy Japan : Culture, Career, Language (JPT). Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Senin, 20 Mei 2024 pada pukul 09:00 - 12:00 WIB yang bertempat di Student Center Kampus Untirta Sindangsari. 

Pada roadshow kali ini, Language Center & International Office (LCIO) Untirta bekerjasama dengan BEM Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan serta BEM Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan minat mahasiswa untuk mempelajari kebudayaan, bahasa, dan peluang karir yang ada di Jepang dengan harapan akan banyak lulusan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa yang dapat melanjutkan karir mereka di negara Jepang. 

BACA JUGA:Ini Kata Pengamat Komunikasi Untirta Soal Kontroversi UU Penyiaran

Roadshow ini dipandu oleh seorang moderator bernama Putri Ghita Martiza yang merupakan Nong terpilih FISIP Untirta. Narasumber pada kegiatan roadshow ini merupakan mahasiswi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa bernama Sri Nadia Commanechi dan Rangga Zeinurrohman.

Acara ini dibuka dengan sambutan dari kepala Language Center Untirta, Dr. Udi Samanhudi, S.Pd., M.Pd. Dalam kesempatan tersebut Udi mengatakan bahwa banyak hal yang dapat diperoleh dari berkuliah diluar negeri, dengan pengalaman tersebut akan membuka cara berpikir seseorang menjadi lebih luas dalam memandang banyak hal. Udi menyampaikan bahwa saat ini banyak cara yang dapat dilakukan untuk membuka peluang karir di luar negeri dan informasi tersebut dapat diakses dengan mudah melalui akun instagram @lcio.untirta. 

"Kalau bisa melompat lebih tinggi kenapa harus satu dua lompatan saja," jelas Udi. 

Banyak informasi yang diberikan dari roadshow ini terutama mengenai budaya Jepang, temmpat-tempat iconic di Jepang, penggunaan bahasa sehari-hari di Jepang, hingga peluang karir serta sertifikasi yang harus dimiliki untuk tinggal di Jepang. Dalam kesempatan tersebut dibahas pula mengenai beberapa hal yang membuat Jepang begitu terkenal yaitu dengan adanya budaya J-pop seperti manga, anime, cosplay, j-pop music, dan video game. Tidak hanya itu, pada kesempatan ini peserta nuga diperkenalkan festival-festival yang menjadi perayaan tahunan di Jepang.

BACA JUGA:Parade Gagasan Menjadi Pembuka Rangakain Dies Natalis FISIP Untirta ke 21

Peserta roadshow pada kesempatan kali ini turut menyampaikan antusiasmenya dalam mengikuti kegiatan. Mahasiswi FISIP Untirta, Puspa Indah Rahayu, mengatakan bahwa banyak hal yang ia dapatkan dari kegiatan ini termasuk informasi mengenai jenjang karir dan cara menghadapi culture shock ketika berada di Jepang. 

"Aku tertarik ikut buat lebih tahu tentang jenjang karirnya dan budaya di Jepang. Aku juga tertarik sama tempat disana salah satunya Kota Shibuya karena banyak fashion dan tempat buat berbelanja," jelas Puspa. (*) 

BACA JUGA:IKAPI Banten x Untirta Library Gelar Harbukfes, Ada Ria Ricis, Lho

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: