Ini Modus Penipuan Nasabah Bank BRI, Simak Cara Menghindarinya

Ini Modus Penipuan Nasabah Bank BRI, Simak Cara Menghindarinya

Poster ajakan BilangAjaGak dari Bank BRI-Instagram @bankbri.id-

INFORADAR.ID - Modus sosial engineering mengancam nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI). Pasalnya, banyak beredar kejahatan siber berupa modus penipuan yang berupaya untuk mengelabui nasabah oleh oknum pelaku, dalam memperoleh data sensitif dari nasabah ataupun mengambil tabungan nasabah yang ada di bank.

Bank BRI mengajak nasabah agar meningkatkan kewaspadaan agar tidak terkena modus penipuan di dunia digitaL dengan membuat kampanye di media sosia, dengan tagline #BilangAjaGak jika diperintah untuk mengklik link atau aplikasi yang tidak jelas. 

Selain itu bank BRI mengngunggah postingan di Instagram dengan memberikan cara agar para nasabah terhindar dari modus penipuan. 

Berikut cara menghindari modul penipuan sosial engineering yang dapat kamu lakukan.

1. Mengabaikan pesan dari nomor tidak dikenal

Nasabah diharapkan untuk menolak pesan yang tidak dikenal, dengan langsung memblokir nomor telepon atau menghapus pesan. 

2. Tidak sembarang klik link. 

Nasabah diharapkan untuk tidak mengklink link dari pesan yang bersifat implusif tanpa ada kejelasan bukti dari pihak bank BRI. 

BACA JUGA:Kenali Bahaya Phising, Ini Tips Mencegahnya Menurut Kepala Cabang BRI Kota Serang

3. Pastikan kembali nama merchant saat bertransaksi menggunakan QRIS

Mengingat nama merchant saat bertransaksi menggunakan QRIS merupakan salah satu cara agar terhindar dari modus penipuan, dikarenakan bukti yang jelas dan kongkrit dalam terhindar dari modus penipuan. 

4. Tidak mengunduh file.APK bodong

Tidak mengklik untuk mengunduh file.APK merupakan cara yang benar karena file.APK biasanya bodong dan dapat mengambil tabungan bank yang ada nasabah. 

Jika nasabah terlanjur mengklik atau mengunduh aplikasi, Bank BRI juga memberikan solusinya melalui unggahan postingan di Instagram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: