KSE Untirta Ajak Masyarakat Banten Indah Permai Budidaya Maggot

KSE Untirta Ajak Masyarakat Banten Indah Permai Budidaya Maggot

Pemotongan pita dalam meresmikan organisasi Griye Maggot Lestari.-KSE Untirta-

INFORADAR.ID – Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) yang tergabung dalam penerima beasiswa Karya Salemba Empat (KSE), melakukan sosialisasi budidaya maggot dan peresmian organisasi Griye maggot Lestari pada Minggu, 28 April 2024.

Kegiatan yang dilakukan di Fasilitas Umum Perumahan Banten Indah Permai, Kelurahan Unyur, Kecamatan Serang, Kota Serang, Banten mengajak masyarakat RW 30 Perumahan Banten Indah Permai untuk memanfaatkan sampah organik atau sisa makanan rumah.

Ketua pelaksana Rudi Nasrudin mengaku, tujuan dari adanya kegiatan tersebut untuk memberikan pemahaman serta mengajak masyarakat untuk mengolah dan memanfaatkan limbah rumah tangga.

“Tujuan dari program ini, kami bisa saling berdiskusi akan bagaimana cara mengolah sampah untuk kepentingan bersama,” ungkap Rudi.

Rudi juga berharap, adanya program peresmian dan sosialisasi budidaya maggot lestari dapat memberikan kesadaran, bahwa menjaga dan merawat kondisi lingkungan itu sangatlah penting.

Peresmian dan sosialisasi budidaya maggot lestari dihadiri oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Serang, Camat Kota Serang, Pihak Kemahasiswaan Untirta, Forum Bank Sampah Kota Serang, hingga tokoh masyarakat Perumahan Banten Indah Permai RW 30.

Kegiatan dimulai dengan peresmian organisasi Griye Maggot Lestari. Nantinya, organisasi tersebut akan diisi oleh masyarakat Perumahan Banten Indah Permai RW 30 untuk bekerjasama dalam budidaya maggot.

Hadirnya organisasi Griye Maggot Lestari menjadi harapan sebagai solusi permasalahan sampah di lingkungan setempat.

Setelah itu, masyarakat Perumahan Banten Indah Permai RW 30 juga mendapatkan sosialisasi mengenai budidaya maggot.

Sebanyak 50 peserta antusias melihat dan mendengarkan penjelasan mengenai budidaya maggot, hingga cara untuk menghilangkan kesan jijik dan bau selama membudidayakan maggot.

Peserta juga diberikan tampilan visual secara langsung mengenai maggot, kegunaan hingga manfaat yang dihasilkan dari budidaya maggot.

Pemateri sosialisasi maggot Rudi, menjelaskan banyaknya manfaat yang dihasilkan oleh maggot. Salah satunya bisa menjadi pakan protein tinggi untuk ternak.

“Maggot menjadi pakan protein tinggi untuk hewan ternak seperti ayam, burung bahkan ikan,” jelasnya dalam penyampaian sosialisasi.

Kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KSE Untirta mendapatkan apresiasi Dinas Lingkungan Hidup Kota Serang dan tamu undangan yang hadir. Tidak terkecuali ketua RW 30 Sumarna yang memberikan ungkapan terimakasih kepada mahasiswa, karena telah memberikan pemahaman kepada masyarakat RW 30 dalam mengolah sampah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: