Buat yang Sering Bercanda Berlebihan, Perhatikan Begini Adabnya Orang Bercanda

Buat yang Sering Bercanda Berlebihan, Perhatikan Begini Adabnya Orang Bercanda

Ilustrasi orang yang sedang bercanda -Freepik/@storyset-

INFORADAR.ID - Perhatikan ini merupakan adab dalam bercanda berdasarkan ajaran Islam, jangan sampai kelewatan dan membuat sakit hati orang lain ya.

Bercanda memang terasa sangat menyenangkan karena bisa membuat hati bahagia. Namun jangan asal bercanda dengan orang lain karena ada adabnya juga loh.

Jika kamu biasa bercanda dengan orang yang sudah dikenal dekat, candaan kamu belum tentu akan terasa nyaman ketika candaan itu dilontarkan kepada orang lain, oleh karena itu jangan asal bercanda.

Dalam bercanda, Islam sudah mengatur mengenai adab ketika tangah bercanda dengan siapa saja.

BACA JUGA:Cara Menjaga Pertemanan di Lingkungan Kerja untuk Membangun Koneksi yang Kuat

Kamu tentu pernah menemui orang yang bercanda secara berlebihan atau jangan-jangan kamu sendiri sering bercanda secara berlebihan? 

Rasanya tidak nyaman bukan? Nah, jika kamu tidak ingin menjadi orang seperti itu dan bahkan menyakiti perasaan orang lain, kamu harus memperhatikan artikel ini hingga tuntas ya.

Berikut merupakan beberapa adab ketika bercanda dalam Islam yang harus kamu perhatikan:

1. Jangan Membawa Ayat Al-Quran

Tidak menggunakan ayat-ayat al-Quran dalam bercanda. Ayat-ayat suci al-Quran harus dihormati dan tidak boleh dijadikan bahan candaan, karena itu bisa merendahkan nilai keagungan ayat-ayat Allah.

BACA JUGA:Cara Menjaga Pertemanan di Lingkungan Kerja untuk Membangun Koneksi yang Kuat

2. Jangan Berbohong

Tidak boleh berbohong atau mendustai dalam bercanda. Bercanda dengan kebohongan akan mengarah pada hal yang tidak diperbolehkan dan bisa mendatangkan akibat buruk bagi orang yang kamu bercadai. 

Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda: "Celakalah orang yang bercerita lalu berdusta untuk membuat tawa manusia, celakalah ia, celakalah ia."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: