200 Personel Balawista Banten Dikerahkan di Wisata Pantai

200 Personel Balawista Banten Dikerahkan di Wisata Pantai

Suasana Pantai Sawarna di Lebak, Provinsi Banten-Yusup Permana-

INFORADAR.ID - Badan Penyelamar Wisata Tirta atau Balawista Provinsi Banten mengerahkan sebanyak 200 personel untuk berjaga di Wisata Pantai.

Sebanyak 200 personel Balawisata itu dikerahkan lantaran wisata tirta seperti pantai, menjadi primadona bagi para pengunjung untuk menghabiskan masa libur lebaran 2024 bersama dengan keluarga.

Hingga hari ini, beberapa destinasi wisata pantai di wilayah Provinsi Banten pun masih terpantau ramai disebu pengunjung, Jumat 12 April 2024.

Melihat hal itu, Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Banten menyiagakan 200 anggotanya yang disebarkan ke seluruh wisata air di Provinsi Banten. Baik di pantai, sungai, kolam renang atau wisata air lainnya.

Ada tiga pantai yang jadi prioritas perhatian Balawista, Pantai Anyer (kabupaten Serang ), Pantai Carita (Kabupaten Pandeglang) dan Pantai Sawarna (Kabupaten Lebak). Lantaran ketiga lokasi tersebut paling banyak pengunjungnya.

Ketua Umum Balawista Banten ,Ade Ervin menjelaskan, para personel disiagakan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi di wisata tirta seperti kecelakaan laut atau hal lainnya.

"Ada tiga titik khusus yang nantinya akan menjadi perhatian Balawista diantaranya Pantai Carita, Kabupaten Pandeglang, Pantai Anyer, Kabupaten Serang dan Pantai Sawarna, Kabupaten Lebak. Karena tiga lokasi tersebut diprediksi akan ramai didatangi wisatawan," kata Ade Ervin.

Dikatakan Ervin, sedikitnya ada 200 anggota Badan Penyelamat Wisata Tirta atau Balawista Banten yang disiagakan di sejumlah obyek wisata di Banten selama libur lebaran atau Idul Fitri 1445 hijriah.

"Personel yang diturunkan 200, personel ini nantinya akan kita bagi di sejumlah Posko yang tersebar di 8 Kabupaten atau Kota di Banten," ungkapnya.

Ervin juga mengungkapkan, Balawista Banten mendirikan 14 posko pemantau di seluruh tempat wisata. 

"Untuk 14 Posko Pengawasan ini didirikan di dalam area obyek wisata, sedangkan untuk 2 Posko Koordinasi hanya di bangunan di Serang dan Pandeglang," ujarnya.

Lebih lanjut, Ervin mengimbau kepada para wisatawan yang akan berlibur ke Pantai di Banten untuk tetap mengutamakan keselamatan diri maupun orang lain saat berlibur.

"Yang pertama pastikan bahwa obyek wisata yang dituju ada petugas keselamatan dari Balawista, kalau tidak ada jangan dipaksakan beraktivitas disituh. Kedua, ketika datang jangan langsung berenang, lakukan adaptasi dulu biar nggak pusing atau keram," imbaunya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: