Tips Bawa Anak Sholat Ied Lebaran, Gak Bakal Rewel

Tips Bawa Anak Sholat Ied Lebaran, Gak Bakal Rewel

Anak Kecil Saat Lebaran--pinterest.com

INFORADAR.ID - Lebaran adalah hari yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia. 

Ini juga merupakan kesempatan yang tepat untuk mengenalkan anak-anak pada perayaan Lebaran. Namun, apakah si kecil sudah siap untuk melaksanakan sholat Lebaran bersama kamu di masjid?

Mungkin mudah untuk memberi tahu anak kamu yang berusia tiga tahun tentang bagaimana harus bersikap, apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. 

Namun, bukan berarti mereka tidak akan rewel jika diajak sholat Idul Fitri, apalagi jika mereka bosan. 

Lantas persiapan apa saja yang harus dilakukan dan apa saja yang harus diperhatikan saat mengajak anak salat Eid? 

Simak tips berikut ini:

1. Tidur Cukup

Karena sholat Idul Fitri dilakukan di pagi hari, pastikan anak Anda tidak begadang. Pastikan mereka tidur cukup sehari sebelumnya agar bisa bangun tepat waktu keesokan paginya tanpa merasa kelelahan atau mengantuk. 

Bangun dalam keadaan segar akan membuat mereka bersemangat untuk mengikuti salat Id di masjid.

2. Perut Kenyang

Sebelum pergi ke masjid, anak-anak terlebih dahulu sarapan. Tidak perlu sarapan berat, cukup roti dan susu, 

Jika mereka masih lapar, Anda dapat membawa beberapa makanan ringan favorit anak-anak.

3. Membawa Mainan Favorit Si Buah Hati

Mainan dapat menjadi salah satu alat yang memberikan rasa aman pada anak. Pilihlah mainan favorit, seperti boneka atau mobil-mobilan, untuk mereka mainkan sambil menunggu orang tua mereka menyelesaikan ibadah.

4. Teman Sebaya atau Lebih Tua

Jika Anda memiliki kerabat yang memiliki anak seusia atau lebih tua dari anak Anda, Anda dapat melaksanakan salat Ied bersama mereka. Jika Anda memiliki saudara perempuan yang tidak dapat menghadiri salat Idul Fitri, Anda juga dapat meminta mereka untuk menjaga anak-anak. Memiliki teman di dekat Anda akan membuat Anda lebih mudah mencegah kebosanan dan mengurangi kemungkinan murung saat salat Idul Fitri.

5. Tetap Ajarkan Si Buah Hati

Pada usia tiga tahun, seringkali sulit bagi mereka untuk mengendalikan diri. Namun demikian, para ibu jangan pernah berhenti mengingatkan anak-anak mereka untuk tidak berteriak, menangis, atau berlarian selama salat Idul Fitri atau khotbah.

Semoga tips di atas dapat membantu Anda mempersiapkan anak-anak Anda untuk mengikuti salat Idul Fitri. Komunikasikan dengan baik dengan anak-anak Anda agar mereka memahami pentingnya salat. Selain itu, ini adalah hari raya tahunan. Semoga berhasil ya!.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: