Penyakit yang Dapat Kambuh saat Berpuasa

Penyakit yang Dapat Kambuh saat Berpuasa

potret seseorang yang sedang sakit--Freepik @stockking

INFORADAR.ID - Berbagai gangguan kesehatan bisa saja terjadi selama berpuasa. Terutama jika Anda tidak menghindari makanan pantangan dan memakannya tanpa sengaja. Contohnya seperti maag, diare, dan sakit kepala.

Puasa memang aman dan bahkan bermanfaat. Namun, kurangnya perhatian terhadap makanan yang dikonsumsi atau kebiasaan yang buruk dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan selama berpuasa.

Hal ini terutama terjadi jika Anda sudah memiliki masalah kesehatan tertentu di masa lalu. Ada kemungkinan masalah tersebut akan kambuh dan muncul selama masa berpuasa.

Masalah kesehatan yang dapat terjadi selama berpuasa antara lain

1. Sariawan

Maag dapat kambuh saat berpuasa, terutama jika seseorang sudah pernah menderita maag. Alasannya, perut yang kosong selama berpuasa meningkatkan keasaman lambung.

Makanan yang tidak sehat dan pola makan yang kurang baik saat safur dan berbuka puasa juga dapat memperparah penyakit ini.

Oleh karena itu, makanan berlemak dan pedas, minuman bersoda, dan minuman berkafein yang dapat memicu maag harus dihindari agar tidak membatalkan puasa.

2. Diare

Gangguan kesehatan lain yang sering terjadi saat berpuasa adalah diare. Selain karena mengonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri, makanan yang terlalu pedas atau berminyak juga dapat menyebabkan diare.

Makanan yang terlalu pedas dapat mengagitasi perut. Di sisi lain, makanan berlemak sulit dicerna dan dalam jumlah yang berlebihan dapat memicu buang air besar.

BACA JUGA:Cek Jadwal Imsak dan Buka Puasa Ramadan di Banten Hari Ini: Senin, 01 April 2024

3. Gula darah rendah

Saran untuk "berbuka puasa dengan yang manis" bukannya tanpa alasan. Di akhir puasa, Anda harus makan makanan manis untuk mengembalikan energi dan menstabilkan kadar gula darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: