Tips Agar Anak Mau dan Semangat Ketika Sahur

Tips Agar Anak Mau dan Semangat Ketika Sahur

potret anak yang sedang sahur--Sumber & Design Freepik

INFORADAR.ID - Membiasakan anak untuk berpuasa selama bulan Ramadan bukanlah hal yang mudah. Salah satunya adalah membangunkan anak untuk sahur.

Anak-anak yang biasanya tertidur harus dibangunkan di waktu yang tidak tepat. Anak-anak sering kali ingin tidur dan sulit dibangunkan. Bahkan jika mereka berhasil bangun, masalah baru bisa saja muncul. Beberapa anak dalam suasana hati yang baik saat mereka bangun, sementara yang lain tidak.

Oleh karena itu, orang tua harus mengatasi hal ini. Berikut ini beberapa tips bagaimana membuat anak lebih ceria saat sahur. Berikut adalah beberapa tips bagi para ibu untuk mendorong anak-anak mereka melakukan sahaj

1. Libatkan anak-anak Anda dalam persiapan sahur

Melibatkan anak-anak dalam persiapan sahur dapat memberikan mereka rasa tanggung jawab dan membuat mereka merasa penting dalam keluarga.

Izinkan mereka untuk membantu mempersiapkan sahur dan menata meja. Hal ini akan memotivasi anak untuk bangun lebih awal dan melakukan sahur.

2. Buat menu yang menyenangkan untuk sahur

Membuat menu sahur yang menyenangkan akan membantu memotivasi anak untuk sahur. Buatlah menu yang disukai anak, seperti roti bakar selai kacang atau bubur ayam. Jangan lupa untuk menyertakan minuman yang menyegarkan seperti jus buah atau teh hangat.

Dasar dari perencanaan menu adalah diet seimbang. Ini harus mencakup karbohidrat kompleks seperti beras merah, roti gandum, kentang, jagung dan gandum, sayuran dan buah, protein seperti unggas tanpa kulit, ikan dan produk susu rendah lemak, dan asupan cairan yang cukup.

BACA JUGA:Tujuh Buah Ini Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Buat Badan Segar Saat Berpuasa

3. Menetapkan waktu bangun tidur dan makan malam

Menetapkan waktu bangun dan sahur membantu anak mempersiapkan diri secara mental dan fisik. Pastikan anak tidur cukup dan bangun lebih awal dari waktu sahur. Hal ini akan membantu anak merasa siap dan termotivasi untuk sahur.

4 Berikan motivasi dan dukungan positif

Bicarakan tentang manfaat sahur, seperti menjaga kesehatan dan kadar gula darah. Ingatkan mereka bahwa sahur adalah salah satu bentuk ibadah di bulan puasa. Pujilah dan ucapkan terima kasih karena telah berhasil melakukan sahur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: