Tips Berkendara Aman Lewat Jalan Tol saat Mudik Lebaran 2024

Tips Berkendara Aman Lewat Jalan Tol saat Mudik Lebaran 2024

Gerbang Tol Rangkasbitung-Nurandi-

INFORADAR.ID - Bagi kamu yang hendak mudik Lebaran 2024 lewat jalan tol, tentu sebelum melangsungkan perjalanan ada beberapa tips yang harus dipersiapkan. Tentu hal tersebut dilakukan untuk memberikan kenyamanan dan keselamatan di perjalanan hingga sampai tujuan.

Mudik lebaran 2024 lewat jalan tol menjadi pilihan masyarakat saat ini, karena lebih cepat mencapai tujuan dan lebih aman saat berkendara. Meski jalan sudah aman dan bebas hambatan, tentu untuk berkendala di jalan dengan aman ada beberapa tips yang dipersiapkan.

Dikutip dari berbagai sumber ada 10 tips berkendara aman di jalan tol saat Mudik Lebaran 2024 yang bisa kamu terapkan agar perjalananmu aman dan selamat sampai tujuan :

1. Service terlebih dahulu kendaraan

Tentu ketika hendak mudik menggunakan kendaran, kondisi kendaraan menjadi hal yang diutamakan. Karena ibarat kendaraan ini adalan senjata yang akan digunakan, jadi harus dicek terlebih dahulu kendaraannya.

Sebelum mudik, sebaiknya service mobil dan periksa semua perangkat yang ada di mobil. Tentu hal tersebut untuk kenyamanan berkendara.

BACA JUGA:Tips Mengemudi Mobil dengan Aman Menuju Mudik Hari Raya Idul Fitri

2. Persiapkan kesehatan tubuh

Bagi kamu hendak berkendara jauh, harus mempersipkan kondisi tubuh. Tentu jangan sampai kelelahan, istirahat dan tidur yang cukup. Kondisi ini akan membantu kamu saat berkendara agar tidak mengantuk.

3. Gunakan Jalur yang sesuai

Perlu diketahui bahwa di jalan tol terdapat jalur khusus untuk kendaraan berkecepatan tinggi dan rendah. Jadi penting untuk menggunakan jalur yang tepat dengan kecepatan kendaraan Anda. Biasanya, jalur kanan digunakan untuk kendaraan dengan kecepatan rendah atau untuk keluar-masuk dari jalan tol.

4. Pahami tanda dan simbol rambu lalu lintas

Saat berkendara di jalan tol, tentu harus mematuhi rambu lalu lintas yang ada, hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi hal yang diinginkan. Jika Anda merasa bingung atau tidak yakin dengan arti suatu tanda, selalu bertanya kepada petugas jalan tol atau merujuk pada informasi yang ada.

5. Jaga jarak aman kendaraan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: