6 Fakta Idul Fitri yang Menakjubkan

6 Fakta Idul Fitri yang Menakjubkan

Ilustrasi tentang Idul Fitri.-RDNE Stock project -pexels.com

INFORADAR.ID - Idul Fitri adalah salah satu acara terpenting dalam kalender Islam, tetapi seberapa banyak yang Anda ketahui tentangnya? Apakah Anda tahu apa arti namanya dan bagaimana orang biasanya merayakannya?

Idul Fitri adalah hari raya keagamaan yang dirayakan oleh umat Islam di seluruh dunia dan jatuh pada tanggal 2 dan 3 Mei setiap tahunnya.

Idul Fitri, yang juga dikenal sebagai 'Hari Raya Buka Puasa', adalah hari raya untuk merayakan akhir bulan Ramadhan (bulan puasa). 'Idul Fitri' dan 'Idul Adha' adalah dua kata yang sama, tetapi dieja secara berbeda di seluruh dunia.

Meskipun ada banyak hari raya keagamaan yang dirayakan oleh umat Islam sepanjang tahun, Idul Fitri secara umum dianggap sebagai hari raya terpenting dalam kalender Islam. Hari raya keagamaan ini konon diprakarsai oleh Nabi Muhammad sendiri.

BACA JUGA:Tips Merayakan Hari Raya Idul Fitri Agar Berjalan dengan Khidmat

Orang-orang yang tidak mempraktikkan Islam dapat mengambil pelajaran dari hari raya ini.

Hari raya ini mengajarkan mereka untuk berpikir tentang apa yang mereka syukuri dan mengingatkan mereka untuk menunjukkan cinta dan rasa hormat kepada orang lain serta berbagi dengan mereka yang kurang beruntung.

Inilah enam fakta menakjubkan mengenai Idul Fitri:

1. Berarti 'festival makanan manis'!

Nama resminya adalah Idul Fitri (terkadang dieja Eid). Hal ini karena bertepatan dengan akhir bulan Ramadhan (bulan puasa), ketika orang Muslim dewasa yang sehat berpuasa selama berhari-hari.

Biasanyapada hari raya, banyak makanan manis yang berupa kue dan lainnya dihidangkan.

2. Tanggalnya tergantung bulan

Idul Fitri berlangsung pada malam bulan baru pertama. Jika bulan tidak terlihat (berawan atau terlalu terang di langit), pesta dirayakan keesokan harinya!

BACA JUGA:Cara Daftar Mudik Gratis Idul Fitri 2024 Kereta Api Secara Online

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: