Disebut Dalam Beberapa Ayat Al-qur'an, Ini Manfaat Buah Kurma yang Jarang Diketahui

Disebut Dalam Beberapa Ayat Al-qur'an, Ini Manfaat Buah Kurma yang Jarang Diketahui

Buah Kurma-Istock-

INFORADAR.ID - Mengonsumsi buah kurma merupakan sunnah yang dianjurkan saat berbuka puasa. Buah yang berasal dari Tanah Arab ini ternyata punya manfaat yang jarang diketahui. 

Buah yang dengan nama latin Phoenix dactylifera merupakan tanaman palma atau arecaceae dengan genus phoenix. Buah ini punya kandungan yang amat baik untuk kesehatan. 

Kandungan Buah Kurma terdapat 280 kalori, karbohidrat 75 gram, gula 65 gram, seret 7 hingga 8 gram. Kemudian, protein 2 sampai 2,5 gram, kalsium 65 miligram, zat besi 1 miligram, zinc 0,5 miligram, kalium 650 miligram dan vitamin A 150 IU. 

Dengan kandungnya tersebut, mengosumsi buah kurma ternyata dapat memberikan kesehatan untuk sistem pencernaan. Sebab, buah kurma punya kandungan jenis serat yang dapat melancarkan pencernaan. 

Selain itu, manfaat yang jarang diketahui dari mengkonsumsi buah kurma adalah dapat memelihara mukosa lambung saat berpuasa. Buah ini juga punya sifat anti radang yang dapat menjaga kesehatan lambung selama berpuasa. 

Buah kurma merupakan buah yang sangat istimewa. Buah ini disebutkan beberapa kali dalam ayat suci Al-qur'an. Seperti dalam Al Qur'an surat Maryam ayat 25 yang isinya:

وَهُزِّىٓ إِلَيْكِ بِجِذْعِ ٱلنَّخْلَةِ تُسَٰقِطْ عَلَيْكِ رُطَبًا جَنِيًّ

Wa huzzî ilaiki bijidz'in-nakhlati tusâqith 'alaiki ruthaban janiyyâ. 

Artinya Goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya (pohon) itu akan menjatuhkan buah kurma yang masak kepadamu. 

Selain itu, buah kurma juga disebut dalam Al-Qur'an surat Al Syuara ayat 148 :

وَزُرُوعٍ وَنَخْلٍ طَلْعُهَا هَضِيمٌ

 Wa zurụ'iw wa nakhlin ṭal'uhā haḍīm. Artinya: Dan tanam tanaman serta pohon pohon kurma yang mayangnya lembut.

Selanjutnya buah kurma juga disebutkan dalam Al-Qur'an surat An Nahld ayat 67:

وَمِنْ ثَمَرَاتِ النَّخِيلِ وَالْأَعْنَابِ تَتَّخِذُونَ مِنْهُ سَكَرًا وَرِزْقًا حَسَنًا ۗ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَةً لِقَوْمٍ يَعْقِلُونَ

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: