Hari Nyepi, Umat Muslim Bali Diminta Sholat Tarawih di Rumah, Bagaimana Hukumnya?

Hari Nyepi, Umat Muslim Bali Diminta Sholat Tarawih di Rumah, Bagaimana Hukumnya?

Ilustrasi Sholat Tarawih di Rumah--unsplash/ bimbingan_islam

INFORADAR.ID- Perayaan Hari Nyepi 2024 bertepatan dengan hari pertama 1 Ramadan 1445 H yang jatuh pada tanggal 12 Maret 2024.

Dalam hal ini FKUB dan MUI Provinsi Bali meminta umat Muslim Bali untuk melaksanakan sholat tarawih di rumah masing-maisng selama Hari Nyepi berlansung.

Hal ini untuk mengormati umat Hindu yang sedang melaksanakan Catur Brata Penyepian.

Himbauan FKUB dan MUI Provinsi Bali yang meminta sholat tarawih di rumah selama Nyepi berlansung menjadi perdebatan media sosial.

Meski begitu masyarakat Bali tidak ambil pusing dan tetap menghargai perbedaan dan melaksankan toleransi.

Sholat tarawih adalah sunnah muakkad yang disunahkan untuk melaksanakan sholat tarawih baij secara sendiri maupun berjamaan sebagaimana hadist yang mengutip dari nu.or.id dari Imam An-Nawawi dalam kitab Al-Majmu

 أما حكم المسألة فصلاة التراويح سنة بإجماع العلماء. ومذهبنا أنها عشرون ركعة بعشر تسليمات وتجوز منفردا وجماعة ، وأيهما أفضل ؟ فيه وجهان مشهوران كما ذكر المصنف ، وحكاهما جماعة قولين ( الصحيح ) باتفاق الأصحاب أن الجماعة أفضل ، وهو المنصوص في البويطي ، وبه قال أكثر أصحابنا المتقدمين

Artinya, "[Tentang hukum masalah ini]: Shalat Tarawih adalah sunah menurut ijma' ulama. Mazhab kami (Syafi'i) berpendapat, shalat Tarawih terdiri dari 20 rakaat dengan 10 salam. Shalat Tarawih boleh dikerjakan secara sendirian maupun berjamaah.

Oleh karena itu, sebenarnya tidak ada masalah pada hari Nyepi untuk melakukan salat Tarawih di rumah untuk menghormati orang-orang yang beribadah pada hari Nyepi. 

Bahkan, hal ini menunjukkan sikap yang baik untuk menjaga hubungan sosial yang harmonis dalam masyarakat yang beragam. Wallahu a'lam.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: