Rahasia Persiapan Presentasi yang Bakalan Bikin Kamu Jadi Superstar di Panggung

Rahasia Persiapan Presentasi yang Bakalan Bikin Kamu Jadi Superstar di Panggung

seseorang yang sedang melakukan presentasi--Sumber & Design Freepik

Tanyakan pada diri sendiri: Sebelum Anda mulai mempersiapkan presentasi Anda, penting untuk membuat daftar pertanyaan yang menurut Anda akan ditanyakan oleh audiens Anda. Pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu Anda menyimpulkan kebutuhan dan harapan audiens dari presentasi Anda.

5. Daya cadangan

Pelajari sebanyak mungkin tentang topik Anda dari berbagai sumber yang dapat dipercaya, termasuk Internet, jurnal ilmiah, dan buku. Presentasi yang dipersiapkan dengan baik akan membantu Anda mempersiapkan diri untuk menghadapi pertanyaan dari audiens. 

Kemampuan Anda untuk menjawab pertanyaan dengan jelas dan memberikan informasi tambahan akan meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan diri Anda sebagai pembicara.

BACA JUGA:5 Tips Presentasi Agar Enggak Ngebosenin, Wahasiswa Wajib Tahu

6. Rencanakan alur presentasi Anda

Buatlah poin-poin penting dan poin-poin ini akan membentuk kerangka dasar presentasi Anda. Ilustrasi seperti foto, grafik, dan contoh-contoh juga dapat membantu mengilustrasikan poin-poin Anda dengan lebih jelas. 

Aturlah ide-ide kunci, kata-kata dan frasa yang digunakan dalam presentasi untuk menjelaskan setiap poin. Hal ini akan membuatnya lebih mudah diingat.

7. Berlatihlah di depan cermin setidaknya 10 kali.

Tidak ada aturan khusus, namun disarankan untuk berlatih sebanyak mungkin sebelum presentasi. Semakin banyak Anda berlatih, semakin Anda menguasai materi dan mengatasi kecemasan Anda. Latihan yang terfokus akan membuat Anda lebih percaya diri saat tampil di depan audiens.

Berlatih berbicara di depan cermin akan membantu Anda memperbaiki postur tubuh dan intonasi suara Anda, dan ekspresi wajah serta gerak tubuh Anda juga akan membuat Anda lebih percaya diri.

Dengan mengikuti tips persiapan presentasi ini, Anda akan menjadi superstar di atas panggung dan membuat audiens terkesan dengan presentasi Anda yang luar biasa.(*)

BACA JUGA:5 Cara Meningkatkan Public Speaking Agar Tidak Grogi Saat Presentasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: