Mengenal 6 Kebiasaan Sepele yang Membuat Boros Listrik

Mengenal 6 Kebiasaan Sepele yang Membuat Boros Listrik

ilustrasi seseorang yang menghemat listrik--Freepik @dooder

INFORADAR.ID - Menghemat energi adalah tanggung jawab bersama untuk membuat hidup kita lebih berkelanjutan. Salah satu langkah terpenting untuk mengurangi konsumsi energi agar tidak boros listrik adalah dengan mengidentifikasi dan mengubah kebiasaan sehari-hari yang menyebabkan pemborosan energi.

Artikel ini akan merangkum enam kebiasaan sepele yang sering menjadi penyebab boros listrik dan menyarankan cara-cara untuk mengubah kebiasaan tersebut agar lebih hemat energi.

Menyadari dampak dari kebiasaan-kebiasaan sepele yang sering diabaikan ini dapat membantu kita untuk lebih bertanggung jawab dalam penggunaan energi sehari-hari. Menghemat energi adalah langkah penting untuk melindungi lingkungan dan mengelola keuangan kita secara efisien.

Perubahan kecil dalam perilaku kita, seperti mematikan peralatan yang tidak kita gunakan atau menggunakan perangkat elektronik dengan lebih bijak, dapat berkontribusi pada penghematan energi dan tidak boros listrik secara keseluruhan dan menciptakan lingkungan yang lebih berkelanjutan untuk masa depan.

Namun, banyak kebiasaan sehari-hari yang tampaknya tidak penting yang sering kali menyebabkan pemborosan energi yang besar. Berikut ini enam kebiasaan sepele yang cenderung memboroskan listrik:

1. Menyetrika di malam hari

Menyetrika di malam hari adalah kebiasaan yang sering membuang-buang energi. Malam hari biasanya merupakan waktu dengan kebutuhan listrik yang tinggi di rumah tangga, sehingga menyetrika akan meningkatkan penggunaan listrik. Sebaiknya, menyetrika dilakukan pada siang hari ketika kebutuhan listrik lebih rendah.

BACA JUGA:Tips Hemat Menggunakan AC untuk Mengurangi Tagihan Listrik

2. Sering menyalakan dan mematikan AC

Kebiasaan menyalakan dan mematikan AC secara berulang-ulang menyebabkan pemborosan energi yang tidak perlu. Pendingin ruangan bekerja lebih efisien jika dibiarkan menyala dalam waktu yang lama dibandingkan jika sering dinyalakan dan dimatikan. Gunakan pengatur waktu atau aturlah AC ke suhu optimal agar Anda tidak perlu menyalakan dan mematikannya berulang kali.

3. Lupa mematikan lampu

Membiarkan lampu menyala saat meninggalkan ruangan adalah kebiasaan umum yang membuang energi. Untuk menghindari pemborosan energi yang tidak perlu, selalu matikan lampu saat ruangan tidak digunakan.

4. Meninggalkan pengisi daya dalam keadaan terpasang

Meninggalkan charger dalam keadaan terpasang tanpa menggunakannya adalah kebiasaan lain yang membuang-buang listrik. Bahkan ketika tidak digunakan, pengisi daya yang dibiarkan terpasang tetap menggunakan listrik. Hematlah listrik dengan mencabut pengisi daya saat Anda selesai mengisi daya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: