Tips Lancar Menyelesaikan Skripsi dengan Waktu 1 Bulan

Tips Lancar Menyelesaikan Skripsi dengan Waktu 1 Bulan

Seseorang yang sedang mengerjakan skripsi --sumber & design freepik.com

INFORADAR.ID - Menyelesaikan skripsi dalam waktu satu bulan bisa menjadi tugas yang menakutkan bagi sebagian mahasiswa. Namun, dengan perencanaan yang matang, disiplin, dan strategi yang tepat, Anda bisa berhasil menyelesaikan tugas akhir ini dalam waktu yang singkat.

Dalam artikel ini, Anda akan menemukan beberapa tips praktis untuk membantu Anda menyelesaikan skripsi dengan lancar dan efisien meskipun ada keterbatasan waktu.

Mulai dari perencanaan yang matang hingga penggunaan waktu yang efisien, pelajari langkah-langkah spesifik yang dapat Anda lakukan untuk menyelesaikan skripsi dengan sukses.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda menyelesaikan skripsi dengan lancar dalam tenggat waktu yang ketat:

1.  Tentukan topik atau masalah penelitian

Hal pertama yang diperlukan untuk menulis disertasi adalah MASALAH, yaitu topik penelitian yang ingin Anda selidiki, seperti fenomena yang sedang berlangsung atau masalah saat ini yang ingin Anda selesaikan. Anda juga dapat melakukan observasi terkait topik yang ingin Anda teliti.

2.  Jangan memutuskan judul terlebih dahulu

Jika Anda menentukan judul terlebih dahulu sebelum mengetahui apa topik atau masalah yang ingin Anda teliti, Anda akan kebingungan saat mencoba menyelesaikannya. Pengalaman saya dengan teman-teman saya adalah mereka selalu menemukan topik permasalahannya terlebih dahulu.

BACA JUGA:Anti Keringet Dingin, Berikut Pertanyaan Sulit yang Sering Ditanyakaan Penguji Saat Sidang Skripsi

3.  Cari referensi

Setelah Anda memiliki topik penelitian, mulailah mencari referensi di jurnal, artikel, berita, dan makalah sebelumnya; kenali IV dan DV dan Anda bisa mulai merumuskan kembali penelitiannya.

4.  Observasi dan wawancara

Setelah topik penelitian teridentifikasi, Anda dapat mulai mencari informasi dengan mengamati fenomena di lapangan dan mewawancarai berbagai narasumber yang nantinya akan menjadi responden. Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya untuk memperdalam pemahaman Anda.

5.  Selesaikan satu bab dalam satu hari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: