Kumpulan Doa Pilihan yang Bisa Kamu Panjatkan di Bulan Ramadan Biar Pahala Makin Berlimpah

Kumpulan Doa Pilihan yang Bisa Kamu Panjatkan di Bulan Ramadan Biar Pahala Makin Berlimpah

Kumpulan Doa Pilihan Untuk Ramadan--pexels/ RDNE Stock project

INFORADAR.ID - Bulan Ramadan tak akan lama lagi. 

Di bulan inilah umat Muslim di seluruh dunia menyambut Ramadan dengan sukacita dan meningkatkan doa serta perbuatan baik. 

Selain puasa di bulan ramadan, salat tarawih dan berbagai perbuatan baik, doa juga harus kita panjatkan sebanyak - banyaknya di bulan Ramadan yang penuh suci ini.

Berikut ini adalah beberapa doa pilihan yang dapat dipanjatkan selama bulan Ramadan untuk meningkatkan pahala:

1. Doa Setelah Tarawih 

اَللهُمَّ اجْعَلْنَا فِى هذِهِ اللَّيْلَةِ الشَّهْرِالشَّرِيْفَةِ الْمُبَارَكَةِ مِنَ السُّعَدَاءِ الْمَقْبُوْلِيْنَ. وَلاَتَجْعَلْنَا مِنَ اْلاَشْقِيَاءِ الْمَرْدُوْدِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِه وَصَحْبِه اَجْمَعِيْنَ. بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ 

Allahumaj'alna fii haadzihil lailati Syahril mubaarakati Monas su'adaail maqbuulin walaa taj'alna minal asyqiyaail marduudin.Washollallahu ‘ala sayyidina muhammadin waala alihi wasohbihi wasallam walhamdulillahi robbil alamin. 

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah kami orang-orang yang berbahagia yang diterima amal perbuatannya dalam bulan yang mulia dan diberkati ini, dan janganlah Engkau jadikan kami orang-orang celaka yang ditolak amal perbuatannya. Semoga tambahan rahmat dan keselamatan tetap mengalir kepada Sayyidina Muhammad, keluarganya, dan sahabatnya. Segala puji hanya milik Allah."

2. Doa Malam Lailatul Qadr 

اَللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ اَلْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Allāhumma innaka afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annī (‘annā jika dibaca berjamaah).

Artinya: "Ya Allah, sungguh Engkau maha pemaaf. Engkau juga menyukai maaf. Oleh karena itu, maafkanlah aku (maafkanlah kami)."

3. Doa Menjelang Puasa 

أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ أَسْتَغْفِرُ اللهَ أَسْأَلُكَ رِضَاكَ وَالْجَنَّةَ اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفْو كَرِيمٌ تُحِبُّ وَأعُوذُ بِكَ مِنْ سَخَطِكَ وَالنَّارِ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي يَا عَظِيمُ يَا عَظِيْمُ أَنْتَ إِلهِي لَا إِلَهَ غَيْرُكَ اغْفِرِ الذَّنْبَ الْعَظِيْمَ فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذَّنْبَ العَظِيمَ إِلَّا العَظِيمُ

"Asyhadu alla ilaha illallah, astaghfirullah, as aluka ridlaka wal jannata wa a’udzu bika min sakhothika wan nar. Allahumma innaka ‘afuwwun karim tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni. Ya ‘adhimu, ya ‘adhimu, anta ilahi la ilaha ghoiruka, ighfiridz dzanbal ‘adhima, fa innahu la yaghfirudz dzanbal ‘adhima illal ‘azhim."

Artinya: “Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah. Aku memohon ampunan Allah. Tuhanku, aku memohon rida dan surga-Mu. Aku juga berlindung kepada-Mu dari murka dan neraka-Mu. Wahai Zat Yang Maha Agung, wahai Zat Yang Maha Agung, Engkau adalah Tuhanku, tiada Tuhan selain Engkau, ampunilah dosa yang besar, sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa yang besar kecuali Zat Yang Maha Agung.”

BACA JUGA : Cara Meningkatkan Amal Ibadah di Bulan Suci Ramadhan dengan 4 Hal Mudah Ini

4. Doa Memohon Keberkahan di Bulan Ramadan 

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيهِ وَبَالِغْنَا فِيهِ وَقِنَا شَرَّهُ

Allahumma barik lana fihi wa ballighna fihi waqina syarrahu.

Artinya: "Ya Allah, berkahilah kami di bulan ini, panjangkanlah umur kami di dalamnya, dan peliharalah kami dari kejelekan di dalamnya."

5. Doa Memohon Rezeki yang Halal 

   اللَّهُمَّ ارْزُقْنِي فِيهِ رِزْقًا حَلَالًا طَيِّبًا وَبَارِكْ لِي فِيهِ

Allahumma rzuqni fihi rizqan halalan thayyiban wa barik li fihi.

Artinya: "Ya Allah, berilah aku rezeki yang halal, baik, dan berkah di dalamnya."

6. Doa Memohon Keselamatan dan Keberkahan 

اللَّهُمَّ سَلِّمْنِي لِرَمَضَانَ، وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِي، وَسَلِّمْهُ لِي مُتَقَبَّلًا

Allahumma sallimni li Ramadana, wa sallim Ramadana li, wa sallimhu li mutaqabbala.

Artinya: "Ya Allah, jagalah aku agar bisa bertemu dengan bulan Ramadan, dan jagalah bulan Ramadan untukku, dan terimalah bulan ini dari kami dengan keberkahan."

7. Doa Akhir Ramadan 

اللَّهُمَّ لاَ تَجْعَلْهُ آخِرَ الْعَهْدِ مِنْ صِيَامِنَا إِيَّاهُ، فَإِنْ جَعَلْتَهُ فَاجْع لْنِيْ مَرْحُوْمًا وَ لاَ تَجْعَلْنِيْ مَحْرُوْمًا

Allahuma laa taj'alhu aakhiril'ahdi min shiyaminaa iyyaahu, fain ja'altahu faj'alnii marhuuman walaa taj'alnii mahruuman.

Artinya : Ya Allah, janganlah Kau jadikan puasa ini yang terakhir dalam hidupku. Jika Engkau menjadikan sebaliknya (sebagai puasa terakhir), jadikanlah aku sebagai orang yang Engkau sayangi dan jangan jadikan aku sebagai orang yang Engkau jauhi.

Itulah kumpulan doa yang bisa kita panjatkan selalu saat di bulan Ramadan.

Semoga Allah SWT melimpahkan pahala kepada kita semua dengan memperbanyak doa-doa ini selama Ramadan.(*)

BACA JUGA : Ramadan Tinggal Menghitung Hari, Yuk Kembali Ingat Bacaan Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: