Jangan Asal Buka Usaha, Ikuti 11 Tips Memulai Bisnis dari Nol untuk Pemula

Jangan Asal Buka Usaha, Ikuti 11 Tips Memulai Bisnis dari Nol untuk Pemula

Jangan Asal Buka Usaha, Ikuti 11 Tips Memulai Bisnis Dari Nol untuk Pemula--freepik

INFORADAR.ID- Ingin belajar bagaimana membangun bisnis dari nol? Simak caranya di sini.

Menjalankan bisnis memang tidak mudah pada awalnya. Ada banyak tantangan di sepanjang jalan. Selain itu, kamu harus menghabiskan banyak waktu dan energi. Untuk mengatasinya, penting untuk memahami cara memulai bisnis dari nol.

Tentu saja, tidak semua bisnis besar dimulai dengan mudah. Tentunya para pembisnis terkenal telah menghadapi banyak risiko dalam perjalanan menuju puncak kesuksesan mereka saat ini. 

Itulah mengapa penting untuk mengetahui seluk beluk memulai bisnis.

Pada dasarnya setiap pemilik usaha harus memiliki perencanaan yang matang dalam berbisnis untuk mengurangi risiko kerugian yang berdampak pada kebangkrutan.

Faktor utama dalam memulai bisnis adalah modal dan perencanaan yang matang agar bisnis berjalan sesuai rencana dan stabil.

Tentunya pelaksanaannya tak akan bebas dari risiko gagal atau kerugian, meski begitu kamu harus tahu tips memulai bisnis dari nol bagi pemula.

1. Siapkan Modal

Perencanaan bisnis dapat dimulai dengan persiapan model bisnis. Dengan rencana yang dikembangkan dengan baik, pemilik bisnis dapat dengan jelas mengidentifikasi dan mendefinisikan tujuan bisnis mereka. 

Dalam hal ini, para pemula bisnis harus memiliki visi dan misi yang komprehensif untuk mewujudkannya sesuai dengan yang telah dirancang dan menghindari risiko kerugian yang besar.

BACA JUGA:13 Bisnis Franchise Murah di Bawah 5 Juta Dari Makanan, Minumam, Laundry Hingga Ekspedisi

2. Menyediakan modal

Salah satu faktor terpenting saat memulai bisnis adalah ketersediaan modal. Selain rencana dan model bisnis yang jelas untuk memulai bisnis dari nol, kepemilikan modal atau aset adalah fondasi dari berdirinya suatu usaha.

3. Riset Pasar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: ocbc.id