Mau Mudik Gratis di Program Pemprov Banten? Catat Nih Tanggal dan Link Pendaftarannya

Mau Mudik Gratis di Program Pemprov Banten? Catat Nih Tanggal dan Link Pendaftarannya

Pemprov Banten gelar mudik gratis 2024.-tangkapan layar Instagram Dishub Banten-

INFORADAR.ID – Tahun ini Pemprov Banten kembali menggelar program mudik gratis lebaran idul fitri 2024, sudahkah kamu catat tanggal pendaftarannya?

Program mudik gratis Pemprov Banten ini dikhususkan untuk warga Banten yang ingin pulang ke kampung halaman. Kamu tidak perlu khawatir soal biaya tiket pembayaran, karena semua sudah difasilitasi oleh Pemprov Banten melalui Dinas Perhubungan.

Ada sembilan daerah yang menjadi tujuan program mudik gratis ini yakni Kota Palembang, Kota Tasikmalaya, Kota Cirebon, Kabupaten Garut, Kabupaten Banyumas (Purwokerto), Kota Brebes, dan Kota Semarang.

Kepala Dishub Provinsi Banten Tri Nurtopo mengatakan, pendaftaran dibuka mulai tanggal 10 Maret sampai 22 Maret 2024. Verifikasi calon peserta mudik gratis dilakukan pada 23-24 Maret 2024.

Sedangkan, tanggal pemberangkatan peserta mudik gratis dilaksanakan pada 6 April 2024 atau tentatif sesuai kebijakan libur bersama.

“Titik kumpul pemberangkatan mudik gratis ke luar Provinsi Banten di halaman Masjid Raya Al Bantani, KP3B, Kota Serang,” ujar Tri yang dikutip dari RADARBANTEN.CO.ID, Selasa, 27 Februari 2024.

Ia memaparkan, kota tujuan mudik gratis dari Provinsi Banten ke luar Provinsi Banten yakni  dengan masing-masing kuota 90 orang. Selain itu, ada juga Kota Surakarta (Solo) dan Kota Yogyakarta dengan masing-masing kuota 180 orang.

Tri menegaskan, program mudik ini gratis alias tidak dipungut biaya. Bahkan, selain difasilitasi mudik, para pemudik juga mendapatkan kaos serta makan saat buka puasa.

Kata dia, bagi masyarakat yang ingin mengikuti program ini dapat langsung mendaftar begitu pendaftaran dibuka. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yakni Kartu Keluarga dan e-KTP berdomisili di Provinsi Banten; satu orang pendaftar mudik hanya boleh mendaftar satu kali.

Kemudian mengisi form data peserta mudik dan mengupload dokumen e-KTP, Kartu Keluarga, dan swafoto/foto selfie pendaftar pada aplikasi yang disediakan; serta pemudik wajib hadir paling lambat satu jam sebelum keberangkatan.

“Pendaftaran dilakukan secara online melalui link jawaramudik.bantenprov.go.id,” ujar Tri. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: