Persiapkan Diri Kamu Sebelum Melangsungkan Puasa di Bulan Ramadan

Persiapkan Diri Kamu Sebelum Melangsungkan Puasa di Bulan Ramadan

Ilustrasi makanan yang di bulan puasa.-freepik/drobotdean-

INFORADAR.ID – Lakukanlan beberapa persiapan ini sebelum memasuki bulan Ramdan dan berpuasa agar kondisi fisik dan mental kamu bisa lebih siap.

Berpuasa merupakan salah satu aktivitas rutin yang dilaukan oleh setiap muslim di bulan Ramadan yang merupakan salah satu bulan suci dalam Islam. 

Puasa yang selain menjadi sebuah kewajiban, akan tetapi juga menjadi salah satu aktivitas yang akan sangat menyehatkan bagi tubuh kita.

Untuk itu, maka perlu adanya persiapan khusus yang harus dilakukan oleh kita menjelang puasa tiba, sehingga tubuh kitab isa terasa lebih siap utnuk berpuasa.

Untuk itu, berikut merupakan beberapa hal yang bisa kamu persiapkan untuk bulan puasa di Ramadan mendatang, seperti:

1. Berdoa untuk mendapatkan petunjuk

Puasa biasanya adalah puasa dengan tidak makan dan minum, tetapi juga bisa berpuasa dari hal-hal lainnya yang mungkin saja diperlukan adanya batasan untuk melakukan itu.

Ketika puasa Ramadan ini, bukan hanya berpuasa dari tidak makan dan minum, melainkan berpuasa dari melakukan perbuatan-perbuatan yang dianggap buruk atau kurang baik.

BACA JUGA:Mau Lebih Bersemangat Menjalankan Ibadah Puasa? Lakukan Tips Ini Menjelang Sahur dan Berbuka

2. Ketahui Jangka Waktu Berpuasa

Durasi waktu untuk berpuasa ini biasanya bermula pada saat fajar mulai terbit hingga terbenam atau dimulai dari waktu subuh hingga menjelang magrib.

Pertimbangkan untuk berpuasa penuh dalam jangka waktu yang lama. Mulailah dengan makan di waktu sahur dan buka di waktu magrib tiba.

Cobalah untuk membiasakan hal ini agar kamu tidak kesulitan terbiasa berpuasa dalam kondisi apapun, kecuali bagi orang yang memiliki beberapa halangan.

3. Cari Tahu Mengapa Harus Berpuasa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: