Puasa Sebentar Lagi, Ini Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Selama Sahur

Puasa Sebentar Lagi, Ini Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Selama Sahur

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Selama Sahur--Freepik

INFORADAR.ID- Sahur menjadi bagian penting dalam aktivitas puasa di Bulan Ramadhan, selain bagian dari sunah, Sahur juga sebagai energi untuk bisa beraktivitas sepanjang hari.

Saat sahur, sebaiknya menghindari makanan manis, karena mengonsumsi makanan manis cendereng meningkatkan rasa lapar.

Dalam menyambut puasa Ramadhan yang akan tiba ada baiknya kamu menghindari jenis makananan tertentu untuk menjaga kesehatan selama berpuasa.

Berikut ini adalah 7 jenis makanan dan minuman yang harus dihindari saat sahur.

1. Makanan pedas

Makanan pedas seperti cabai dan paprika dapat mengiritasi saluran pencernaan karena dapat menyebabkan sakit perut dan refluks asam lambung. 

Terutama jika seseorang menderita GERD (penyakit refluks gastro-esofagus), refluks asam lambung dapat masuk ke tenggorokan dan mengganggu puasa. Diare juga dapat menyebabkan sering buang air besar dan dehidrasi.

BACA JUGA:5 Manfaat Puasa untuk Kesehatan Tubuh, Kamu Wajib Tahu!

2. Makanan asin

Makanan asin seperti kerupuk, mie instan, dan hidangan gurih dapat menyebabkan rasa haus dan dehidrasi lebih cepat. 

Makanan yang tinggi MSG seperti kuah bakso, sosis, cumi asin, dan asinan juga termasuk dalam pantangan makanan sahur ini.

Lebih baik tidak mengonsumsi makanan tinggi garam secara berlebihan atau menggantinya dengan makanan rendah sodium yang baik juga untuk tekanan darah.

3. Makanan tinggi gula 

Makanan tinggi gula seperti kue, kue kering, roti, dan oatmeal menyebabkan peningkatan kadar gula darah dengan cepat dan membuat Anda merasa lapar lebih cepat karena insulin mencoba mengurangi kadar gula. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: