5 Wisata Indonesia yang Ada di Mata Uang Rupiah

5 Wisata Indonesia yang Ada di Mata Uang Rupiah

Pemandangan Pulau Tidore dengan Mata Uang 1.000 Rupiah--Twitter/ adenorman029

INFORADAR.ID - Kamu hobi travelling? Namun, tahukah kamu bahwa gambar pada uang rupiah yang kamu pegang saat bepergian dapat digunakan sebagai referensi untuk tujuan wisata berikutnya?

Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan budaya dan kuliner kelas dunia, sehingga wisatawan dari seluruh dunia rela jauh-jauh datang ke sini untuk menikmati keindahannya. Tak heran jika keindahan ini dipatenkan dalam mata uang rupiah.

Pemandangan yang tergambar pada uang rupiah ini menampilkan keindahan Indonesia. Berikut ini adalah lima wisata Indonesia yang tergambar pada uang rupiah.

Kekayaan wisata Indonesia tak ada habisnya, mulai dari Sabang hingga Merauke semuanya tampak cantik menawan mulai dari alam, budaya, kuliner dan masyarakatnya.

Agar kamu gak penasaran, simak artikel ini sampai habis untuk melihat keindahan Indonesia yang tergambarkan pada mata uang rupiah.

BACA JUGA:12 Lokasi Angker di Yogyakarta ini Jadi Tempat Uji Nyali yang Menyimpan Sejarah dan Budaya

1. Pulau Tidore dan Pulau Maitara

Pemandangan yang sering terlihat di lembaran uang kertas Rp. 1.000 menampilkan kecantikan pulau-pulau di wilayah Indonesia Timur. 

Desain uang ini telah ada sejak 15 tahun yang lalu dan masih tetap eksis hingga saat ini. 

Pulau Tidore dan Pulau Maitara, yang terletak di Ternate, menjadi destinasi menarik yang bisa dijangkau dengan perahu cepat dari pelabuhan Bastiong dalam waktu sekitar 10 menit.


Pulau Tidore dan Pulau Maitara--maritim.go.id

2. Danau Kelimutu, Ende

Lembaran uang kertas Rp. 5.000 menampilkan desain Danau Kelimutu, yang bertahan selama 9 tahun sejak tahun 1992. Pada tahun 2001, desain ini digantikan dengan gambar Tuanku Imam Bonjol dan Pengrajin Tenun Pandai Sikek yang masih bertahan hingga sekarang.

Danau Kelimutu, terletak di puncak gunung di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, terkenal karena airnya yang menampilkan tiga warna (biru, merah, dan putih) yang dapat berubah-ubah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: