10 Jajanan Tradisional Yogyakarta, Nomor 9 Mendunia Hingga Masuk Netflix Dokumenter

10 Jajanan Tradisional Yogyakarta, Nomor 9 Mendunia Hingga Masuk Netflix Dokumenter

10 Jajanan Tradisional Yogyakarta, Nomor 9 Mendunia Hingga Masuk Netflix Dokumenter--budaya.jogjaprov.go.id

INFORADAR.ID - Yogyakarta tak hanya sebagai destinasi wisata lokal hingga mancanegara, tetapi juga menghadirkan berbagai jajanan tradisional Yogyakarta yang wajib untuk dicoba.

Jajanan tradisional Yogyakarta ini bisa kamu temukan di Pasar Legi Kota Gede atau berbagai pusat oleh-oleh Yogyakarta.

Dari yang manis juga legit dapat kamu temukan disana. Berikut ini adalah 10 jajanan tradisional Yogkarta yang bisa kamu coba.

1. Cenil

Cenil adalah jajanan tradisional yang terbuat dari ubi singkong yang dicampur dengan tepung kanji. Cenil juga identik dengan teksturnya yang kenyal dan warnanya yang beragam mulai dari hijau, merah, dan kuning, kemudian ditambahkan parutan kelapa sebagai toppingnya.  

2. Gatot

Jajanan tradisional selanjutnya adalah gatot yang berasal dari kabupaten Gunung Kidul. Makanan yang satu ini terbuat dari ketela yang difermentasi dengan cara dijemur dalam beberapa waktu sampai muncul jamur, kemudian direndam selama dua malam, dan terakhir diambil kulit arinya dan direndam kembali.

Untuk menambah cita rasa, Gatot biasanya disajikan bersama gula merah cair dan juga parutan kelapa di atasnya.

BACA JUGA:Yuk Cobain 10 Makanan Khas Jakarta yang Lezat, dari yang Pedas Hingga Manis

3. Kipo

Kipo adalah jajanan tradisional khas dari Kota Gede, Yogyakarta. Kipo terbuat dari tepung ketan yang dibentuk pipih kemudian diisi dengan parutan kelapa dan gula jawa.

Setelahnya, Kipo akan dipanggang selama beberapa saat sampai adonan matang sempurna. Saat gigitan pertama, Anda akan mencium wangi khas pandan dan merasakan rasa manis legit dari isian Kipo.

4. Jadah Manten

Jajanan tradisional yang bisa Anda coba saat berkunjung ke Jogja adalah Jadah Manten. Berbeda dengan jajanan pasar lainnya, Jadah Manten termasuk ke dalam jenis camilan yang bercita rasa asin dan gurih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: