6 Hal yang Tidak Boleh Disepelekan Oleh Mahasiswa di Universitas

6 Hal yang Tidak Boleh Disepelekan Oleh Mahasiswa di Universitas

potret seseorang yang sering menyepelekan hal-hal penting--sumber & design freepik.com

INFORADAR.ID - Empat tahun Anda menjadi mahasiswa di universitas akan berlalu begitu saja. Anda harus menggunakan waktu dengan bijak agar tidak menyesal setelah lulus nanti.

Masa-masa menjadi mahasiswa selama kuliah adalah masa yang paling indah dalam hidup Anda. Karena dengan kuliah di universitas, Anda akan menemukan banyak teman dari berbagai daerah, bertemu dengan dosen-dosen yang hebat, dan mempelajari hal-hal yang tidak akan pernah Anda pelajari di sekolah.

Masa-masa kuliah dan menjadi mahasiswa memang masa yang paling indah. Namun bukan berarti Anda harus bermalas-malasan dan tidak melakukan hal yang bermanfaat sama sekali.

Jangan menjadi tipe orang yang baru sadar setelah lulus dan hanya memiliki penyesalan. Ada banyak mahasiswa di luar sana yang berharap mereka tidak melakukan kesalahan yang sama saat kuliah.

1. Meremehkan semester pertama Anda

Sebagian besar mahasiswa baru meremehkan mata kuliah mereka dan menganggap enteng semester pertama mereka. Padahal, ini adalah kesempatan untuk memaksimalkan IPK mereka, yang dapat membantu nilai mereka di semester kedua dan seterusnya.

BACA JUGA:Jangan Jadi Mahasiswa Kupu-Kupu, 4 Organisasi Luar Kampus Ini Bisa Bikin Kamu Makin Sukses

2. Kurangnya struktur

Materi kuliah dan catatan dosen sekarang sebagian besar dalam format digital. Sebisa mungkin, file-file tersebut harus diorganisir dan disimpan dalam satu folder agar Anda tidak tersesat saat mencari saat dibutuhkan nanti.

3. Takut mencoba hal-hal baru 

Pengetahuan dari universitas saja tidak cukup; Anda harus mengeksplorasi diri Anda sendiri dengan berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan lain seperti kongres, organisasi, menjadi sukarelawan, magang, dan lain-lain. Kuncinya adalah mencoba terlebih dahulu, tidak takut gagal dan mengambil setiap kesempatan yang ada.

4. Tidak belajar bahasa Inggris 

Bagi Anda yang masih menunda untuk belajar bahasa Inggris, sebaiknya segera menyadarinya. Belajar bahasa Inggris akan membuka kesempatan belajar yang lebih luas, seperti mengikuti IISMA/Student Exchange Programme.

5. Kelalaian dalam memperluas relasi 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: