3 Mitos Melegenda Tentang Pantai Parangtritis yang Jadi Gerbang Menuju Dunia Gaib

3 Mitos Melegenda Tentang Pantai Parangtritis yang Jadi Gerbang Menuju Dunia Gaib

3 Mitos Melegenda Tentang Pantai Parangtritis yang Jadi Gerbang Menuju Dunia Gaib--wikipedia/ Gunawan Kartapranata

INFORADAR.ID - Pantai Parangtritis terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta dan merupakan salah satu tujuan wisata paling terkenal di Indonesia.

Pantai ini dihiasi dengan pasir vulkanik hitam sejauh mata memandang. Dipadukan dengan langit biru, deburan ombak sangat menyenangkan.

Pantai Parangtritis menawarkan pemandangan alam yang indah dan eksotis, namun keindahannya menyembunyikan berbagai mitos dan legenda seputar kehidupan masyarakat yang tinggal di sekitarnya.

Pantai yang terletak di selatan ini memiliki kisah mistis tentang penguasa Laut Selatan yang konon pernah singgah di sini. Namanya Nyi Roro Kidul.

Berikut ini adalah beberapa mitos dan legenda Pantai Parangtritis.

1. Legenda Ratu Kidul

Kehadiran para penguasa Laut Selatan telah memunculkan banyak mitos. Salah satu mitos yang paling terkenal adalah dilarang mengenakan pakaian berwarna hijau di Pantai Selatan, agar tidak terseret ombak dan terseret ke istana Nyi Rori Kidul. 

Hal ini dikarenakan Nyi Roro Kidul tidak suka seseorang memakai waran kesukannya sehingga orang tersebut akan dijadikan pelayan di istananya jika mengenakan warna favoritnya. 

Kisah Nyi Roro Kidul terkenal di seluruh Indonesia. 

Bahkan, masyarakat Pantai Selatan mengadakan upacara Labuhan setiap tahun untuk menerima berkah dari penguasa Pantai Selatan. 

Tidak hanya di Jawa, di Sunda Pangandaran dan Pelabuhan Ratu, warga turut mengadakan upacara Hajat Laut untuk menghormati para penguasa Pantai Selatan.

2. Mitos Kuda Laut

Mitos lain yang terkait dengan Pantai Parangtritis adalah tentang kuda laut.

Nelayan dan penduduk yang tinggal di sekitar pantai sering melihat kuda laut, terutama di malam hari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: