Strategi yang Perlu Disiapkan Sebelum Menghadapi Ujian

Strategi yang Perlu Disiapkan Sebelum Menghadapi Ujian

ilustrasi seseorang yang sedang ujian--sumber & design freepik.com

INFORADAR.ID - Mempersiapkan diri sebelum ujian sekolah merupakan hal yang penting. Ini karena ujian menentukan masa depan akademis siswa. Tekanan dari orang tua, guru, dan teman juga dapat menyebabkan depresi dan kecemasan pada siswa saat mempersiapkan ujian. Untuk itu, siswa perlu mengetahui cara mempersiapkan diri menghadapi ujian sekolah.

Tekanan yang dirasakan siswa dapat mempengaruhi kinerja mereka selama persiapan ujian karena mereka mungkin tidak dapat berkonsentrasi, cepat lupa, atau menyelesaikan pertanyaan secara membabi buta tanpa memperhatikan instruksi atau pertanyaan yang sebenarnya.

Untuk mengatasi ketegangan dan stres yang terkait dengan persiapan ujian, siswa perlu menerapkan tips persiapan ujian sekolah. Dengan menerapkan tips persiapan ujian sekolah, siswa akan dapat mengoptimalkan persiapan ujian mereka dan dengan demikian meningkatkan kinerja dan kemampuan mereka. tips persiapan ujian sekolah meliputi

1. Mulailah dengan soal-soal yang mudah

Saat mengerjakan soal, kerjakan terlebih dahulu soal-soal yang dianggap mudah, seperti soal-soal singkat atau soal yang tidak membutuhkan analisis mendalam. Kemudian secara bertahap kerjakan soal-soal yang lebih sulit.

2. Jangan terlalu lama memikirkan soal yang sulit

Jika Anda menemukan soal yang sulit, lewati saja dulu. Kerjakan semua soal sebanyak mungkin. Jika ada soal yang tidak Anda ketahui jawabannya, tandai nomornya agar Anda bisa melihatnya lagi saat Anda memiliki lebih banyak waktu.

BACA JUGA:Besok Ujian? Ini 5 Tips Gampang Belajar Sistem Kebut Semalam

3. Bacalah soal dengan seksama

Saat mengerjakan soal, bacalah soal tersebut secara keseluruhan. Dengan cara ini Anda akan tahu persis apa yang ditanyakan. Hal ini tentu akan menghemat waktu Anda.

4. Tentukan target waktu untuk setiap soal.

Jika waktu ujian adalah 120 menit dan ada 40 soal (35+5), berikut ini contoh target waktu per soal:

Pertanyaan pilihan ganda: +- 2-3 menit

Pertanyaan jawaban singkat: + 4 menit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: