Anies Baswedan Kecam Soal Ordal Saat Debat Capres

Anies Baswedan Kecam Soal Ordal Saat Debat Capres

Anies Baswedan Saat Debat Capres--youtube.com/ @KPURepublikIndonesia

INFORADAR.ID - Debat Capres atau Calon Presiden pertama dalam Pemilihan Umum 2024 berlangsung pada malam Selasa, 12 Desember 2023, di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia, Jakarta. 

Saat debat tersebut, yang menarik perhatian adalah pernyataan Calon Presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, terkait dengan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai batas usia Calon Presiden dan Wakil Presiden.

Anies Baswedan memberikan komentar terhadap keputusan MK yang memungkinkan Gibran Rakabuming, anak dari Presiden Jokowi, untuk maju sebagai Calon Wakil Presiden. 

Namun, Anies menilai bahwa putusan tersebut merupakan pelanggaran berat menurut Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) karena terdapat konflik kepentingan. 

Ia menggambarkan situasi ini sebagai fenomena ordal atau orang dalam.

Dalam pandangan Anies, fenomena ordal sudah merasuk dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat Indonesia. 

BACA JUGA : Jadwal Lengkap Debat Capres Cawapres 2024, Lengkap dengan Tema, Waktu dan Saluran Pelaksanaannya

Ia mengecam fenomena ini sebagai sesuatu yang sangat mengganggu, terutama dalam konteks keadilan dan etika.

Anies menyampaikan ketidaknyamanannya terkait fenomena ordal ini dan mengungkapkan keprihatinannya terhadap potensi kerusakan dan kehilangan tatanan kehidupan yang sudah terbentuk jika fenomena ini terus menguasai masyarakat Indonesia. 

Ia menyoroti kasus di mana pengangkatan guru-guru di daerah tertentu dikendalikan oleh ordal, dan hal tersebut menjadi bagian yang merusak integritas sistem.

"Ketika fenomena ordal terjadi di puncak maka rakyat kebanyakan dan saya rasakan. Beberapa guru jumpa saya, mereka katakan Pak di tempat kami pengangkatan guru-guru oleh ordal kalau gak ordal gak diangkat, lalu apa jawabannya atasan saya bilang wong kita di Jakarta pakai ordal kenapa kita di bawah gak pakai ordal," tutur Anies.

Anies Baswedan juga mengecam praktik ordal yang dipertontonkan oleh pemerintah pusat, menyuarakan kekhawatirannya tentang integritas dan meritokrasi dalam sistem pemerintahan. 

Pernyataan sindiran Anies Baswedan di debat Capres tentang fenomena ordal ini menjadi pembicaraan hangat di kalangan publik baru-baru ini.(*)

BACA JUGA : Siapa Harun Al-Rasyid? Korban Tragis Pilpres 2019 yang Disinggung Oleh Anies Baswedan Saat Debat Capres

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: