5 Ide Bisnis Kekinian dengan Modal yang Minim

5 Ide Bisnis Kekinian dengan Modal yang Minim

ilustrasi seseorang yang memiliki ide bisnis--sumber & design freepik.com

INFORADAR.ID - Gagasan bahwa dibutuhkan banyak modal untuk memulai bisnis tampaknya sudah ketinggalan zaman. Bahkan, Anda bisa memulai bisnis sekarang dengan modal yang minim. Yang terpenting adalah etos kerja, keinginan yang kuat dan manajemen bisnis itu sendiri yang gigih dan tekun.

Steve Jobs dan Bill Gates adalah orang paling populer yang memulai bisnisnya dari nol. Perjalanan bisnis mereka dimulai dari sebuah garasi, dan kini telah berubah menjadi raksasa kelas dunia.

Kini teknologi yang mereka kembangkan digunakan di seluruh dunia, dan siapa sangka teknologi tersebut juga akan membantu mereka menjalankan bisnis dengan modal yang minim. Jika Anda seorang milenial atau Generasi Z yang paham teknologi, berikut adalah ide bisnis dengan modal minim yang bisa Anda kelola

1. Wedding Organizer

Layanan ini dapat dianggap menarik, karena dapat menghasilkan keuntungan hingga satu juta rupee per proyek. Sebelum membuka wedding planner sendiri, ada baiknya terlebih dahulu ikut serta dalam bisnis serupa milik orang lain. Penting untuk menambah pengetahuan dan pengalaman dalam persiapan acara pernikahan.

2. Penata rias

Bisnis ini bisa menjadi peluang bisnis yang menarik, apalagi saat musim pernikahan tiba. Permintaan pakaian calon pengantin biasanya meningkat pesat. Untuk menjual bisnis ini, Anda bisa menggunakan media sosial untuk menjadi partner penyelenggara pernikahan.

BACA JUGA:Ide Bisnis Sampingan Ibu Rumah Tangga yang Bisa Anda Coba

3. Fotografer

Anda tidak memerlukan kamera canggih, tetapi Anda dapat memulai dengan kamera yang sudah ada dan menjadi fotografer panggilan. Anda dapat membuka acara, layanan mulai dari pernikahan hingga wisuda. Selain itu, fotografer kini dapat menjual karyanya di situs microstock.

Oleh karena itu, mereka yang ingin memiliki foto Anda harus membeli di situs tersebut. Berikan layanan Anda di media sosial dan melalui hubungan. Jangan lupa siapkan portofolio agar klien yakin dengan kemampuannya memotret.

4. Administrator Media Sosial

Modal Kuota Internet hanya ingin berbaring dan bekerja. Cobalah mencari peluang untuk menjadi administrator media sosial. Keuntungan dari pekerjaan ini adalah fleksibilitasnya, karena dapat dikendalikan dari mana saja.

5. Blogger

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: