Wisma Unsera Kunjungi Radar Banten, Dibekali UU Pers Hingga Kenalkan Proses Pembuatan Berita

Wisma Unsera Kunjungi Radar Banten, Dibekali UU Pers Hingga Kenalkan Proses Pembuatan Berita

LPM Wisma Unsera dikenali produksi televisi.-Nurbaeti-

INFORADAR.ID – Lembaga Pers Mahasiswa (LPMM) Wisma Universitas Serang Raya (Unsera) melakukan kunjungan ke kantor media Radar Banten pada Jum'at, 8 Desember 2023.

Sebanyak delapan mahasiswa Unsera ikut serta dalam pelatihan GenRB, mengenai UU Pers di Aula Radar Banten, Jalan Kolonel Tubagus Suwandi, Lingkar Selatan, Lontar Baru, Kota Serang, hingga melihat ruangan redaksi koran, media online bahkan televisi. 

Materi UU Pers disampaikan langsung oleh praktisi profesional yakni Redaktur Pelaksana (Redpel) Tangerang Expres Endang Syahroni.

Dalam penyampaian materi, Syahroni juga berpesan kepada para calon jurnalis agar tetap menggunakan etika jurnalis yang berlaku.

Bukan hanya materi saja, dalam pelatihan tersebut Syahroni juga memberikan cerita nyata tentang pengalaman menjadi wartawan.

Kunjungan ke kantor media Radar Banten merupakan kali pertama bagi LPM Wisma Unsera. 

Menurut Sekretaris umum Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Wisma Unsera, Tirta Dwi Cahyani mengungkapkan, jika dirinya dan anggota LMP Wisma ingin mengetahui lebih jauh media-media yang ada di Banten.

“Kita biasanya kunjungan ke media Nasional, jadi sekarang ingin kunjungan ke media yang ada di Banten,” ujarnya.

Selain itu, Radar Banten dipilih sebagai media yang dikunjungi, karena masih mempertahankan produksi koran.

Setelah mengikuti pelatihan, dalam program kerja LPM Wisma, Literature Trip 2023,  mahasiswa yang tergabung dalam UKM Wisma Unsera menjelajah setiap ruang di Radar Banten. 

Pertama, mahasiswa Unsera dikenalkan dengan produksi Content Writer dari mencari hingga mempublikasikan berita.

Setelah itu, mahasiswa Unsera diajak untuk melihat ruang redaksi koran hingga mesin percetakan koran.

Terakhir, mahasiswa Unsera diajak untuk melihat produksi penyiaran di Banten TV. Melihat studio utama Banten TV hingga proses editing. Bahkan salah satu mahasiswa Unsera mencoba menjadi presenter dengan mengikuti arahan dari Pimpinan Redaksi GenRB sekaligus Presenter Banten TV Riki Rosadi.

Bendahara umum LPM Wisma Dafa Ratna Dewi mengungkapkan, jika dirinya mendapatkan wawasan baru tentang Radar Banten bahkan dunia kerja jurnalistik. Ia juga bahkan tidak menyangka jika profesi sebagai jurnalis begitu membahayakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: