Hidup Hemat Ala Anak Kost, Dijamin Anti Boncos

Hidup Hemat Ala Anak Kost, Dijamin Anti Boncos

ilustrasi hidup hemat ala anak dengan menabung --sumber & design freepik

INFORADAR.ID - Bagi Anda yang telah memutuskan untuk pindah atau merantau untuk melanjutkan pendidikan dan memilih untuk tinggal di asrama, Anda harus mengubah kebiasaan Anda untuk tinggal bersama atau bergantung pada orang tua dan anda harus bisa hidup lebih Hemat dari sebelumnya.

Hal terpenting yang perlu Anda ubah ketika anda menjadi anak rantau dan anda tinggal di kostan adalah hidup Hemat . Mereka yang masih tinggal dengan orang tua menghabiskan jutaan rupiah per bulan untuk jajan atau makan dengan lauk yang berbeda setiap harinya. Ketika Anda mulai merantau, kebiasaan ini harus dihilangkan.

Mengapa? karena Merantau tidak semudah dan seindah yang Anda bayangkan. Anda boleh saja bahagia ketika akhirnya bisa hidup sendiri. Namun, jika Anda tidak memiliki persiapan yang matang, seperti tidak tahu cara mengatur keuangan dan caranya Hemat saat tinggal jauh dari kleuarga, Anda akan kesulitan untuk bertahan hidup dalam situasi apapun. Apalagi jika uang yang tersisa semakin sedikit setiap bulannya.

Untuk menghindari pengeluaran yang tidak perlu dan sakit kepala di akhir bulan, Anda sebagai anak rantau harus membiasakan diri dengan tips menghemat uang untuk anak kost berikut ini.

Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menghindari pengeluaran uang yang berlebihan 

1. Rencanakan pengeluaran harian Anda

Aturlah bagaimana Anda menggunakan uang saku Anda: biaya makan sehari-hari, biaya kuliah, dana darurat, dll. Hal ini akan membantu Anda mengendalikan pengeluaran dan memastikan Anda memiliki dana darurat untuk berjaga-jaga jika ada pengeluaran mendadak.

BACA JUGA:6 Tips Hidup Hemat di Rumah Kontrakan

2. Prioritaskan kebutuhan di atas keinginan atau gengsi.

Misalnya, Anda menginginkan tas baru tapi sebenarnya tas lama Anda masih bisa digunakan. Anda bisa menunda membeli tas tersebut dan menggunakan uangnya untuk membeli barang lain yang lebih penting.

3. Perhatikan tanggal kadaluarsa saat membeli produk.

Baik itu makanan, produk perawatan kulit atau perawatan tubuh, perhatikan tanggal kadaluarsa dari produk yang Anda beli agar Anda tidak membuang-buang uang.

4. Pilih merek generik

Produk rumah tangga dengan merek generik sering kali lebih terjangkau daripada merek terkenal. Anda bisa mencoba menggunakan merek-merek ini untuk menghemat uang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: