Telah Ada Sejak Berabad-abad yang Lalu, Inilah Info Seputar Toilet untuk Anda

Telah Ada Sejak Berabad-abad yang Lalu, Inilah Info Seputar Toilet untuk Anda

Ilustrasi mengenai sejarah toilet.-Karolina Grabowska -pexels.com

INFORADAR.ID - Mungkin Anda belum pernah memikirkan hal ini. Siapakah penemu toilet? Bagaimana awal kemunculannya?

Sejarah penemu toilet di dunia tercatat pada beberapa sumber. Namun apakah hal itu benar adanya?

Dinukil dari laman worldatlas oleh INFORADAR.ID pada Jumat 24 November 2023, inilah informasi mengenai sejarah toilet di dunia.

Toilet siram modern menggunakan air untuk menampung kotoran manusia, yang kemudian dibuang ke saluran pembuangan atau tangki septik.

BACA JUGA:Sejarah Layang-layang, Mengudara Sejak Berabad Lalu

Menurut para arkeolog, versi pertama dari toilet siram tampaknya telah digunakan oleh peradaban di Lembah Indus lebih dari 5.000 tahun yang lalu.

Terlepas dari asal-usulnya yang kuno, toilet siram modern yang kita kenal saat ini ditemukan oleh Sir John Herrington pada tahun 1596.

Desain Herrington mencakup mangkuk untuk menampung tinja dan katup yang mengeluarkan air dari tangki tinggi untuk membuang tinja. 

Desainnya disebut Ajax dan pertama kali dipasang di Istana Richmond untuk Ratu Elizabeth I dari Inggris.

Desain ini digunakan selama lebih dari 200 tahun hingga kemajuan teknologi Revolusi Industri membawa model yang lebih baik dan lebih efisien.

BACA JUGA:Sejarah Kopi, dari Arab Hingga ke Brazil, Ngopi Dulu Lur

Berbagai desain dikembangkan, tetapi terobosan terjadi pada tahun 1775 ketika mekanik Skotlandia Alexander Cummings memperkenalkan S-trap.

Fitur ini mendesain ulang siphon dengan membuat lengkungan di bagian bawah mangkuk, bukannya air yang mengalir secara vertikal. 

Setelah disiram, perangkap ini menahan air, mencegah gas saluran pembuangan naik ke permukaan dan masuk ke dalam bak mandi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: worldatlass.com