Tak Hanya Manis, Kenali Beragam Manfaat Buah Srikaya

Tak Hanya Manis, Kenali Beragam Manfaat Buah Srikaya

Tanaman Buah Srikaya-Instagram @anyahgarden-

INFORADAR.ID - Siapa yang tidak tahu dengan buah srikaya? Tentu semua orang khusunya orang Indonesia sudah tidak asing lagi dengan buah yang memiliki nama ilmiah annona squamosa tersebut.

Buah yang bentuk unik berwarna hijau kecoklatan itu ternyata banyak mengandung nutrisi yang menyehatkan bagi tubuh manusia.

Manfaat buah srikaya untuk kesehatan tubuh sangat beragam. Buah yang tumbuh di daerah tropis dan subtropis ini mengandung banyak zat gizi yang bisa melindungi Anda dari berbagai penyakit.

Beberapa bagian pada tumbuhan ini, mulai dari daun, akar, hingga bijinya pun memberikan manfaat untuk banyak hal lain. Agar lebih jelas, simak ulasan berikut ini sebagaimana Inforadar.id melansir dari jamudigital.com antar lain:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Buah srikaya memiliki berbagai kandungan nutrisi, salah satunya adalah vitamin C. Vitamin C yang terkandung di dalam buah srikaya ini cukup banyak.

Vitamin C yang terkandung dalam buah srikaya ini berguna untuk menjaga daya tahan tubuh Anda. Mengonsumsi buah srikaya secara rutin membuat daya tahan tubuh menjadi kuat dan terhindar dari risiko berbagai penyakit serta melawan infeksi yang menyerang tubuh Anda.

BACA JUGA:Manfaat Pepaya Sebagai Antioksidan Pelindung Sel-Sel Tubuh Anda yang Rusak

2. Menurunkan tekanan darah

Potasium dan magnesium yang terkandung di dalam buah srikaya bisa membantu mengendalikan tekanan darah dalam tubuh Anda. Bagi Anda yang memiliki tingkat tekanan darah yang berfluktuasi atau naik-turun, Anda dapat mengonsumsi satu buah srikaya setiap hari untuk membantu mengendalikannya.

3. Mencegah kanker

Buah srikaya yang memiliki sifat antioksidan ini mampu mengurangi radikal bebas. Radikal bebas yang tertumpuk di dalam tubuh Anda akan menyebabkan kerusakan sel dan peradangan. Radikal bebas ini dapat memicu munculnya berbagai penyakit, salah satunya kanker. Buah srikaya mengandung acetogenin dan alkaloid yang mampu membunuh sel-sel kanker.

Beberapa kandungan lain yang terkandung di dalam buah srikaya seperti asetogenin, skuamostanin, annotemoyin-1, dan glukopiranosid kolesteril yang memiliki efek sitotoksik terhadap sel-sel kanker dan membuat sel-sel kanker mati. Buah srikaya juga mampu menangkal radikal bebas yang bersifat karsinogenik atau memicu kanker di tubuh Anda. 

4. Mengontrol gula darah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: