Pertama dan Satu Satunya! Latihan Gabungan Akbar Kolaborasi 6 Kecamatan

Pertama dan Satu Satunya! Latihan Gabungan Akbar Kolaborasi 6 Kecamatan

Potret pasca lakukan latihan gabungan 6 kecamatan sekaligus. --

INFORADAR.ID – Sebanyak 156 siswa SMA sederajat se-Serang Timur yang tergabung dalam Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), disertakan dalam Latihan Gabungan Akbar (Latgab Akbar) Kolaborasi 6 Kecamatan yang diadakan Koordinator Paskibra Kecamatan Cikande. Enam Kecamatan yang tergabung adalah Kecamatan Cikande, Jawilan, Kibin, Bandung, Petir, Pamarayan.

Latgab Akbar pun disambut antusias kendati proses tahapan menjadi Paskibraka di tahun 2024 belum dimulai. Terdiri dari 55 paskibra putra, dan 101 paskibra putri, Latgab juga melibatkan PPI Kabupaten Serang, Danramil Cikande, dan Kapolsek Cikande pada Jumat, 3 Februari 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Pembina Upacara Yahya Zakaria selaku Kepala Bidang Teknologi Komunikasi dan Informasi Koorditaor Wilayah Kecamatan Cikande menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat positif,  untuk menambahkan semangat nasionalisme dan patriotisme, menumbuhkan rasa cinta tanah air bangsa.

"Kegiatan ini merupakan kegiatan pertama dan satu satunya yang ada di Kab. Serang, dalam Latgab Akbar ini kita dapat mengembangkan potensi peserta dan sebagai ajang silahturahmi, untuk itu saya berterimakasih kepada element panitia yang tergabung dalam 6 kecamatan dan peserta yang semangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Harapannya, Latgab ini akan memberikan hasil dan kontribusi nyata dalam pengembangan kepemudaan baik intelektual maupun pengembangan diri," ungkap Yahya.

BACA JUGA:HMBM UIN Banten Gelar SAMBA KIP-K 2023, Diikuti Langsung Oleh 350 Mahasiswa Penerima Beasiswa KIP Kuliah

Sementara Wakil Ketua Koordinator Wilayah Paskibra Kecamatan Cikande, Muhammad Apriyana mengucapkan banyak terima kasih kepada Panitia Pelaksana Akbar yang sudah berjuang bersama dan sudah membantu yang sangat luar biasa dalam berbagai persiapan kegiatan ini.

Adapun latihan gabungan ini dilaksanakan hari Minggu, 19 November 2023 dari pukul 06.00 sampai 16.00 WIB. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menambah pengalaman dan relasi para anggota paskibra sekolah dari 6 Kecamatan serta menyamakan persepsi dalam hal baris-berbaris.

Yang menjadi fokus dalam kegiatan latgab akbar ini selain kecakapan baris-berbaris juga ada penilaian etika dan menjungjung tinggi jiwa kepemimpinan"

Terkait kegiatan latgab akbar ini Muhammad Dafa selalu ketua pelaksana menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat memotivasi para junior untuk berprestasi dan mengisi waktu luang dengan kegiatan positif, ia pun menuturkan tujuan latihan gabungan Akbar ini untuk pembinaan karakter dan menyambung tali silaturahmi

“Kegiatan ini akan berdampak positif bagi junior,selain membentuk karakter disiplin dan selain itu juga bisa berbagi dan bersilaturahmi dengan teman sebanyak-banyaknya” ujarnya.

Hadir juga Pemateri dalam kegiatan tersebut yakni Kabid Sumber Daya Manusia PPI Kabupaten Serang Abdurrahman, S.Pd. Disampaikan dia, bahwa latgab ini merupakan ajang pemanasan bagi peserta sebelum untuk ikut Pusdiklatsat maupun seleksi Calon paskibraka nantinya.

"Dan tentunya saya saya sangat berterimakasih sudah di beri kesempatan megisi pemateri pada Latgab Akbar yang luar biasa ini, dan saya ucapkan terimakasih banyak kepada panitia yang telah sukses mengadakan acara latgab akbar ini guna sekaligus persiapan Pusdiklatsat Angkatan 2024. Selain itu juga, latgab bertujuan sebagai ajang silaturahim antar Paskibra Sekolah," tuturnya.

BACA JUGA:Pelatihan Unik dan Khas, Paskibra Kecamatan Cikande Terapkan Sistem Desa Bahagia Dalam Perayaan HUT RI Ke-78

Turut hadir dalam kegiatan Upacara Pembukaan tersebut Koramil Cikade dan Kapolsek Cikande. Diakhir kegiatan upacara pembukaan dilakukan foto bersama dan diskusi santai oleh panitia kepada peserta. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: