Mahfud MD Beri Kuliah Umum di Unand, Tegaskan Bukan Kampanye Politik Praktis

Mahfud MD Beri Kuliah Umum di Unand, Tegaskan Bukan Kampanye Politik Praktis

Menkopolhukam Mahfud MD sedang memaparkan kuliah umum nya di Universitas Andalas--Foto Pribadi Rian

INFORADAR.ID - Universitas Andalas mengundang Mahfud MD untuk mengisi kuliah umum di Auditorium Universitas Andalas pada hari Kamis 16 November 2023. Pada kuliah umum kali ini Unand mengusung tema tentang 'Mewujudkan Pemilu 2024 Yang demokratis dan Bermartabat'.

Mahfud MD dihadirkan pada kesempatan kali ini sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Republik Indonesia (RI). Ia menegaskan kuliah umum yang ia isi ini bukan kampanye politik praktis.

"Bahwa kuliah umum saya ini reguler, rutin, bukan kuliah politik praktis. Oleh sebab itu disini tidak ada kampanye untuk pemilu, tapi kuliah tentang pemilu," tegasnya saat menyampaikan kuliah umum di Unand.

Mahfud MD pun juga sedikit berpantun dalam mengawali kuliah umumnya, ia mengatakan bahwa dirinya sudah sering mengisi kuliah umum diberbagai Universitas bahkan di Universitas Andalas ini ia mengatakan sudah sering dan tidak asing lagi.

"Ubi dan talas dimakan kangguru, ulat berbulu kering digone, saya ke Universitas Andalas bukan hal baru, sejak dulu sudah sering kesini,"ucapnya dalam pantun.

Menkopolhukam Mahfud MD juga mengatakan bahwa kuliah umum tentang pemilu ini penting karena untuk mewujudkan pemilu yang demokratis dan bermartabat.

"Karena Negara kita ini didirikan banyak dari tokoh-tokoh dari Sumatra Barat, yang dulu ikut merumuskan bahwa Indonesia ini dibangun sebagai negara kesatuan yang bersifat menganut sistem demokrasi, seperti Moh Hatta, Syafrudin Prawiranegara, Syahrir, Yamin, Hamka, Tan Malaka dan lainnya yang sudah meletakan pondasi negara ini secara Demokratis,"ujar Mahfud MD.

Saat kuliah umum ini juga dihadiri oleh ribuan peserta dari Mahasiswa Universitas Andalas yang juga memberikan tanggapan nya tentang kuliah umum bersama Menkopolhukam Mahfud MD ini. Salah satunya yakni Thuba Fahmi mahasiswa PMM 3 Unand, ia mengatakan bahwa dirinya sangat antusias mendegarkan pemaparan kuliah umum dari Menkopolhukam Mahfud MD.

"Salah satunya ketika beliau memaparkan tentang apa itu yang dimaksud dengan politik identitas dan juga penerapannya di era modern ini dan dia menjelaskan tentang seluk beluk pemilu 2024 nanti yang mungkin akan menjadi huru-hara politik di masa depan. Beliau memberikan kuliah umum sebagai menteri menkopolhukam bukan sebagai cawapres,"tuturnya saat diwawancarai. 

Kuliah umum bersama Menkopolhukam tersebut berlangsung kurang lebih selama satu jam dan setelah pemaparan kuliah umum banyak sekali peserta yang antusias bertanya kepada Menkopolhukam dan kuliah umum pun diakhiri dengan foto bersama Menkopolhukam. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: