Rekomendasi Jurusan yang Memiliki Banyak Peluang Usaha di Masa Depan

Rekomendasi Jurusan yang Memiliki Banyak Peluang Usaha di Masa Depan

ilustrasi seseorang yang memiliki jurusan yang tepat--freepik @drobotdean

INFORADAR.ID - Prospek karir yang menjanjikan mungkin tergantung pada program universitas atau jurusan yang Anda pilih. Oleh karena itu, disarankan untuk memikirkan dengan cermat program studi yang Anda pilih.

Seperti yang dilaporkan Investopedia, gelar sarjana dapat dianggap sebagai investasi di masa depan. Pengetahuan, jurusan dan gelar berharga yang akan Anda peroleh nantinya akan memberi Anda karier jangka panjang yang baik dan memungkinkan Anda untuk meningkatkan penghasilan.

Jika Anda ingin mendapatkan laba atas investasi Anda, Anda dapat mulai dengan memikirkan untuk memilih jurusan di universitas yang paling populer di masa depan. Karena banyak profesi yang akan digantikan oleh profesi baru seiring berjalannya waktu.

1. Artificial Intelligence

Beberapa kampus di Indonesia telah membuka jurusan yang berhubungan langsung dengan bidang AI ini. Misalnya, jurusan S1 Teknik Kecerdasan Buatan di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), jurusan S1 Robotika dan Kecerdasan Buatan di Universitas Airlangga (Unair), jurusan S1 Kecerdasan Buatan di Universitas Bina Nusantara (Binus), dan jurusan S2 Kecerdasan Buatan di Universitas Gadjah Mada (UGM).

Setelah lulus, lulusan jurusan ini bisa bekerja sebagai spesialis AI dan machine learning dengan gaji hingga Rp25 juta per bulan, tergantung keahlian dan pengalamannya.

BACA JUGA:Jurusan Kuliah Termahal dan Termurah di Indonesia, Calon Maba Harus Tahu

2. Ilmu Komputer

AI juga bisa dipelajari di universitas dengan spesialisasi ilmu komputer. Banyak kampus di Indonesia, baik negeri maupun swasta, yang menawarkan jurusan ini.

Penghasilan yang didapatkan oleh analis data dan ilmuwan tergantung pada pengalaman dan keahlian mereka. Kisaran gaji untuk level pemula adalah antara Rp 6 juta hingga Rp 28 juta per bulan.

3. Bisnis dan Manajemen

Banyak kampus di Indonesia yang memiliki jurusan bisnis dan manajemen. Menurut Peringkat Universitas Dunia 2023 dari Times Higher Education (THE WUR), banyak universitas di Indonesia yang memiliki jurusan bisnis dan manajemen terbaik, termasuk Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Unair, UGM, dan Binus. Gaji tahunan rata-rata untuk berkarir di bidang pengembangan bisnis di Indonesia mencapai Rp 72 juta.

4. Teknik Industri.

Banyak universitas di Indonesia yang membuka jurusan ini, universitas dengan jurusan teknik industri terbaik menurut EduRank adalah ITB, ITS, Universitas Sebelas Maret, Binus dan UI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: