Liburan Singkat ke Pulau Merak Kecil di Cilegon, Cuma 3 Jam Naik Kereta dari Jakarta

Liburan Singkat ke Pulau Merak Kecil di Cilegon, Cuma 3 Jam Naik Kereta dari Jakarta

potret pulau merak kecil di Kota Cilegon -instagram @anakpulo-

INFORADAR.ID - Pulau Merak Kecil, atau sering disebut juga Pulau Merak Besar, adalah pulau kecil yang terletak di Perairan Selat Sunda, Kota Cilegon Banten, Indonesia. Pulau ini memiliki luas sekitar 46 hektar dan merupakan bagian dari Kota Cilegon, Provinsi Banten.

Pulau Merak Kecil dapat diakses melalui Pelabuhan Merak. Pulau ini bisa diakses menggunakan moda transportasi umum kereta dari Ibu Kota Jakarta. Dari Jakarta, kamu bisa memilih moda transportasi kereta Rel Listrik (KRL) menuju stasiun Rangkasbitung, dan transit ke stasiun Merak menggunakan kereta ekonomi lokal Rangkasbitung-Merak.

Meskipun ukurannya kecil, pulau ini memiliki keindahan alam, pantai berpasir putih, dan suasana yang tenang. Selain itu, saat ini pengunjung sudah dapat menikmati sejumlah fasilitas tambahan seperti banana boat, wisata naik perahu, dan snorkeling, terdapat juga fasilitas penunjang di antaranya toilet, tempat ganti pakaian, dan mushola. 

Meskipun ukurannya kecil, pulau tersebut memiliki beberapa akomodasi yang bisa digunakan untuk bermalam seperti homestay dan tenda. Selain itu, terdapat warung-warung kuliner yang menyediakan makanan laut segar.

Waktu kunjungan wisatawan dibuka setiap hari pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB. Karena perahu yang mengantarkan berhenti beroperasi di jam tersebut. Perjalanan menuju pulau menggunakan perahu tidak lama hanya sekitar 5 menit jarak tempuh. 

BACA JUGA:Pohon Kiara Pencekik di Pulau Peucang Jadi Tempat Selfie Wisatawan

Sementara jika berkemah, tidak perlu mengkhawatirkan batas waktu kunjungan ini karena ada perahu yang bisa menjemput keesokan harinya. Di samping itu, untuk berlibur ke Pulau Merak Kecil tidak perlu mengeluarkan terlalu banyak biaya. Bahkan, cukup bermodalkan Rp50 ribu saja. 

Tarif masuk Pulau Merak kecil tergolong murah. Untuk menyeberang ke Pulau Merak Kecil cukup membayar diawal dengan tarif Rp17 ribu. Biaya tersebut sudah total layanan antar dan jemput jika sudah selesai. Jika membawa uang Rp50 ribu, tentu masih ada sisa Rp33 ribu yang dapat digunakan untuk membeli makanan atau menikmati wahana-wahana yang tersedia.

Pulau Merak Kecil juga dikenal sebagai tempat wisata day-use yang populer bagi warga Jakarta untuk menghabiskan waktu akhir pekan atau liburan singkat. Wisatawan dapat menikmati kegiatan air seperti snorkeling, banana boat, atau sekadar bersantai di tepi pantai.

Cara menuju Pulau Merak Kecil di Banten dapat bervariasi tergantung pada lokasi awal Anda. Umumnya, akses ke Pulau Merak Kecil dapat dilakukan melalui Pelabuhan Merak. Berikut adalah caranya :

Dari Jakarta :

 - Jika anda dari Jakarta dan ingin berwisata ke Pulau Merak Kecil, maka anda bisa menggunakan moda transprotasi umum Kereta Rel Listrik (KRL) menuju stasiun Rangkasbitung, dan transit ke stasiun Merak menggunakan kereta ekonomi lokal Rangkasbitung-Merak.

— Di Stasiun Merak anda bisa melanjutkan perjalanan menuju pelabuhan Merak

Dari Pelabuhan Merak:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: