Makna di Balik Semangka, Simbol Dukung Palestina

Makna di Balik Semangka, Simbol Dukung Palestina

buah semangka yang menjadi simbol identitas palestina.-instagram @dimasananto.dda-

INFORADAR.ID – Baru-baru ini, media sosial dihebohkan dengan gambar semangka yang dibagikan oleh warganet.

Gambar semangka yang dibagikan merupakan simbol dukungan untuk Palestina.

Diketahui, kini konflik antara Palestina dan Israel semakin memanas. Oleh karena itu, masyarakat dunia menunjukan simpatinya melalui dukungan langsung maupun di media sosial.

Lalu, kenapa harus semangka yang menjadi simbol untuk menyuarakan dukungan terhadap Palestina?

Hal ini bermula saat pemerintah Israel mendeklarasikan, bahwa setiap orang yang memperlihatkan bendera Palestina di Gaza dan Tepi Barat, akan dianggap sebagai tindak pidana.  Karena saat itu Israel menempati wilayah Tepi Barat dan Gaza serta Yerusalem Timur.

Oleh karena itulah, warga Palestina mengakali untuk menggunakan buah semangka sebagai identitas mereka.

Warga Palestina menganggap, jika buah semangka merupakan buah yang memiliki warna menyerupai bendera mereka. Semangka yang memiliki daging berwarna merah, kulit yang berwarna hijau, pemisah kulit dan daging berwarna putih dan biji berwarna hitam cukup mewakili warna dari bendera nasional Palestina.

Namun, dengan cepat pemerintah Israel menyadari simbol semangka yang digunakan. Hingga akhirnya, pemerinta Israel turut melarang adanya simbol semangka dan hal-hal yang memiliki warna seperti bendera nasional Palestina.

Setelah adanya kesepakatan Oslo (Oslo Accords) dengan syarat pengakuan bersama antara israel dan Palestina pada tahun 1993, larangan tersebut akhirnya dicabut.

Kesepakatan tersebut juga menjadi perjanjian formal pertama antara Palestina dan Israel.

Dari situlah Gambar semangka mulai digunakan sebagai simbol Palestina. Kini, symbol tersebut mulai digunakan Kembali oleh warga dunia yang mendukung kemerdekaan Palestina.

Diketahui, sebelumnya para pengguna media sosial  telah menyuarakan dukungan terhadap Palestina dengan membagikan konten-konten di akunnya. Namun, konten dukungan terhadap Palestina itu sering kali diblokir oleh sejumlah platform media sosial.

Hal ini lah yang membuat pengguna media sosial hingga para tokoh publik beralih dengan menggunakan simbol semangka, sebagai dukungan untuk Palestina.

Selain warna semangka yang mewakili warna bendera nasional Palestina, berikut makna menarik di balik buah semangka sebagai simbol dukungan Palestina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: