Indonesia Dapat Tambahan Kuota Haji 20 Ribu Setelah Jokowi Bertemu Putra Mahkota

Indonesia Dapat Tambahan Kuota Haji 20 Ribu Setelah Jokowi Bertemu Putra Mahkota

Presiden Jokowi dan Ibu Negara, Iriana kembali bertolak menuju Tanah Air melalui Bandara Internasional King Khalid, pada Jumat, 20 Oktober 2023 Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr -----

INFORADAR.ID --- Salah satu hasil pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Putra Mahkota Kerajaan Saudi Mohammed bin Salman Al-Saud, Indonesia mendapat tambahan kuota haji sebanyak 20 ribu untuk musim haji tahun 2024.

"Jadi, kita mendapatkan komitmen tambahan kuota haji langsung diberikan paling tidak 20 ribu untuk tahun depan tambahannya diberikan kepada Indonesia,” kata Jokowi Presiden dalam keterangannya pada Jumat, 20 Oktober 2023. 

Tambahan kuota tersebut, kata Jokowi, diberikan setelah dirinya menjelaskan secara langsung kondisi antrean haji di Indonesia yang sudah sangat panjang. 

Menurut Presiden, saat ini waktu tunggu keberangkatan jemaah haji Indonesia sudah mencapai 47 tahun, sehingga Indonesia membutuhkan tambahan kuota haji.

"Dan, alhamdulillah, setelah mendengar penjelasan saya mengenai kondisi antrean jemaah haji, Putra Mahkota menanggapi dengan sangat positif dan akhirnya kita mendapat tambahan kuota," jelas Jokowi.

Jokowi mengaku sangat bersyukur bahwa kegiatan kunjungan kerja ke Kerajaan Arab Saudi sudah selesai dan berjalan dengan sangat lancar serta memberikan hasil yang produktif. 

Kegiatan selama di Arab Saudi adalah pertemuan bilateral dengan PM Mohammed bin Salman Al-Saud hingga Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-GCC (Gulf Cooperation Council).

"Alhamdulillah seluruh rangkaian kegiatan sudah selesai. Yaitu pertemuan bilateral dengan His Royal Highness Prince Mohammed Bin Salman dan KTT ASEAN-GCC berjalan lancar, berjalan dengan produktif,” kata Jokowi sebagaimaba dilansir inforadar.disway.id dari laman setkab.go.id.

Jokowi menyebut, pertemuan pertama antara ASEAN dan GCC yang dilakukan di bawah keketuaan Indonesia tersebut memiliki makna penting bahwa Indonesia, ASEAN, dan GCC tetap memilih untuk meningkatkan kerja sama di tengah dunia yang makin terpolarisasi 

"Salah satu yang dibahas terkait isu paling hangat, yaitu Palestina dan 16 negara anggota ASEAN-GCC sepakat untuk mengupayakan penghentian kekerasan, membuka akses penuh dukungan kemanusiaan, dan menegaskan kembali komitmen solusi dua negara agar kedua negara bisa hidup berdampingan secara damai,” kata Jokowi. 

Selanjutnya pada Jumat, 20 Oktober 2023 pukuk 13.55 waktu setempat atau pukul 18.00 WIB, Jokowi dan rombongan bertolak kembali ke Tanah Air setelah selama tiga hari di Riyadh, Arab Saudi.

Pesawat Garuda Indonesia (GIA-1) yang membawa Presiden dan delegasi lepas landas melalui Bandara Internasional King Khalid. Dan, tiba di Indonesia pada Sabtu, 21 Oktober 2023 pagi. 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: