Makanan Pengganti Nasi Ini Cocok Untuk Pasien Diabetes

Makanan Pengganti Nasi Ini Cocok Untuk Pasien Diabetes

kentang bisa menjadi salah satu makanan pengganti nasi--pixabay @Couleur

INFORADAR.ID - Bagi sebagian besar orang Indonesia, tidak makan nasi berarti tidak makan. Memang, ada beberapa situasi di mana konsumsi nasi harus dibatasi, misalnya untuk pasien diabetes. 

Masalahnya, nasi memiliki indeks glikemik (GI) lebih dari 70 persen, yang berarti konsumsi nasi yang berlebihan dapat menyebabkan obesitas. Tubuh membutuhkan lebih sedikit dari ini; semakin tinggi GI suatu makanan, semakin tinggi pula kadar glukosa darah.

Sebenarnya, tidak sulit untuk menemukan makanan yang dapat menggantikan nasi. Beberapa makanan bahkan dikenal bergizi sama baiknya dengan nasi. Pengganti nasi yang umum dikenal adalah kentang. Namun, ada beberapa jenis makanan lain selain kentang.

Jika Anda tidak ingin menjadi penderita diabetes, Anda harus mulai mengonsumsi enam makanan yang dapat menggantikan nasi ini

1. Kentang

Kentang merupakan sumber vitamin C dan kalium. Kulit kentang saja mengandung 4 gram serat yang dapat memenuhi 15% kebutuhan serat harian Anda.

2. Ubi jalar

Ubi jalar dapat digunakan sebagai pengganti nasi dalam menu makanan. Hal ini karena, tidak seperti karbohidrat dalam nasi putih, karbohidrat dalam ubi jalar mengandung lebih sedikit gula dan lebih banyak serat.

BACA JUGA:Wanita Wajib Tahu, Berikut Ini Makanan yang Baik untuk Kesehatan

3. Jagung

100 gram jagung mengandung sekitar 3,5 gram protein dan 24 gram karbohidrat. Jagung segar, bukan jagung kemasan, mengandung lebih banyak antioksidan, vitamin C, dan serat yang baik untuk kesehatan mata.

4. Gandum.

Oatmeal mengandung serat larut dan tidak larut, yang membantu pencernaan dan memiliki sifat anti-diabetes dan penurun kolesterol. Oatmeal juga mudah diolah menjadi berbagai hidangan manis dan gurih.

5. Beras merah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: